2 Penyu Sisik dan 100 Tukik Dilepasliarkan di Pulau Sebira

  • Share

2 Penyu Sisik dan 100 Tukik Dilepasliarkan di Pulau Sebira

Gardaanimalia.com – Baru-baru ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama dengan komunitas Pondok Semi Alami Penyu Sisik melepasliarkan sebanyak 100 tukik dan sepasang penyu sisik dewasa. Pelepasliaran ini dilaksanakan di perairan Pulau Sebira, Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.
Sepasang penyu sisik dewasa yang dilepaskan tersebut diberi nama Lestari dan yang jantan diberi nama Tangguh. Nama tersebut diberikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang juga ikut dalam proses pelepasliaran.

“Kami berharap penyu-penyu dapat berkembang biak dan terhindar dari kepunahan karena jumlahnya sudah semakin menyusut,” ungkap Ketua Pondok Semi Alami Penyu Sisik, Agung seperti dikutip dari Kastara.

Upaya pelestarian ini mendapatkan apresiasi dari Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Kepulauan Seribu, Devi Lidya. Devi berharap kolaborasi dan upaya pelestarian lingkungan ini dapat terus terjalin.

Baca juga: Video Buaya Berjemur Viral, Resor KSDA Agam: Itu di Wilayah Konservasi

Sejak bulan Juli hingga Agustus 2019, pihak komunitas Pondok Semi Alami Penyu Sisik telah berhasil menyelamatkan 669 telur penyu dan menetaskannya dari sekitar 790 telur yang ditemukan. Pihaknya merawat tukik-tukik tersebut secara swadaya. Jika dirasa sudah siap akan dilepasliarkan kembali ke laut lepas di perairan Pulau Sebira. Hal ini dilakukan dengan harapan penyu-penyu dapat berkembang biak dan terhindar dari kepunahan karena jumlahnya sudah semakin menyusut dari waktu ke waktu.

Selain melestarikan tukik dan penyu, komunitas ini juga menyebarkan kesadaran pada masyarakat terkait ancaman kepunahan yang dihadapi oleh penyu sisik yang disebabkan oleh manusia dan hewan predator lainnya.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments