25 Burung Sitaan BBKSDA Jatim Dikembalikan ke Habitatnya di Sulawesi

  • Share
25 Burung Sitaan BBKSDA Jatim Dikembalikan ke Habitatnya di Sulawesi
BBKSDA Sulsel terima 25 burung. Foto: BBKSDA Sulsel

Gardaanimalia.com – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sulawesi Selatan menerima 25 ekor burung translokasi dari BBKSDA Jawa Timur. Burung-burung itu dikirim dari Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, pada Senin (3/5/2021) dan tiba di Bandara Hassanudin Makassar di hari yang sama. Translokasi ini merupakan tindak lanjut dari surat keputusan S.476/K.8/BIDTEK/KSA/4/2021 yang dikeluarkan pada 16 April 2021 silam.

Dalam keterangan tertulis yang diterima oleh Garda Animalia, seluruh burung tersebut berasal dari hasil operasi peredaran tumbuhan dan satwa liar di wilayah Surabaya dan sekitarnya yang dilakukan oleh tim Wildlife Rescue Unit (WRU) BBKSDA Jawa Timur. Seluruh burung itu dikirim ke Sulawesi Selatan karena 25 burung itu habitatnya ada di wilayah Sulawesi.

“Jenis satwa yang dikembalikan yaitu 11 ekor jalak tungkir merah (Scissirostrum dubium), dua ekor elang rawa tutul (Circus assimilis), satu ekor perkici dora (Trichoglossus ornatus), dan 11 ekor elang paria (Milvus migrans),” tutur Kherno Subroto, Kepala Resor Bandara Hassanudin Makassar.

Baca juga: Penyelundupan Penyu Hijau di Sorong Berhasil Digagalkan

Kherno menambahkan seluruh burung yang diterima oleh pihaknya dalam keadaan sehat. Namun, seluruh burung itu perlu menjalani rehabilitasi terlebih dahulu sebelum akhirnya dilepasliarkan di habitatnya.

Sementara, Kepala BBKSDA Sulsel, Thomas Nifinluri mengucapkan terima kasih kepada tim WRU BBKSDA Sulawesi Selatan dan Jawa Timur yang sudah bekerja sesuai dengan SOP Translokasi Satwa. Ia menyatakan seluruh burung translokasi akan terus dipantau selama berada di Kandang Transit hingga siap dikembalikan ke alam.

“Saya harap kerjasama dalam mencegah dan menindaklanjuti kejahatan peredaran TSL ilegal tetap terus kita tingkatkan,” tandasnya.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments