Berita  

30 Ekor Burung Kacer Terbang Bebas Kembali ke Alam

Ilustrasi seekor burung kacer (Copsychus saularis). | Foto: Sander Wijsman/Observation.org
Ilustrasi seekor burung kacer (Copsychus saularis). | Foto: Sander Wijsman/Observation.org

Gardaanimalia.com – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat melepasliarkan puluhan ekor burung kacer (Copsychus saularis) di kaki Gunung Poteng CA Raya Pasi Singkawang.

Kepala BKSDA Kalimantan Barat, Sadtata Noor Adirahmanta mengatakan, pelepasliaran ini bertujuan untuk memperkaya populasi burung kacer di alam guna menjaga keseimbangan ekosistem yang ada.

“Pelepasliaran sebanyak 30 ekor burung kacer ini adalah sebagai bentuk ‘sedekah alam’ dalam rangka Roadshow Hari Konservasi Alam Nasional tahun 2022,” ungkapnya, Minggu (7/8).

Lebih lanjut, Sadtata menjelaskan bahwa puluhan burung yang dilepasliarkan merupakan hasil penangkaran burung CV Enggang, salah satu penangkar binaan BKSDA Kalimantan Barat.

Sembari melepasliarkan burung-burung tersebut ke habitat alaminya, ia berkata, “Terbang bebas dan kembali ke rumahmu di alam,” tuturnya.

Sementara itu, Sekda Singkawang, Sumastro, menyebut bahwa keberadaan CA Gunung Raya Pasi termasuk Gunung Poteng adalah habitat yang sangat baik untuk pelestarian dan berkembangbiaknya satwa liar khususnya burung.

“Oleh karena itu Pemerintah Kota Singkawang sangat menyambut baik adanya program melepas kembali ke alam sebanyak 30 burung kacer oleh BKSDA Kalimantan Barat,” ungkapnya.

Menurutnya, menikmati merdu kicauan burung-burung yang hidup bebas di alam tentu menjadi perilaku positif masyarakat daripada menangkap dan memelihara satwa liar di dalam sangkar.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Camat Singkawang Timur, anggota Kepolisian Sektor Singkawang Timur, Lurah Pajintan, dan Kepala Binua Garantung Dayak Salako.

Selain itu, ada mahasiswa dari Institut Seni Indonesia Yogyakarta dan mahasiswa magang dari Fakultas MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) Universitas Tanjungpura.

votes
Article Rating
BACA JUGA:
Polda Sulteng Tangkap Warga Selundupkan Burung Paruh Bengkok Dari Maluku

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments