4 Orang Tewas Akibat Konflik dengan Buaya, Ini Tanggapan BKSDA Sumsel

  • Share
4 Orang Tewas Akibat Konflik dengan Buaya, Ini Tanggapan BKSDA Sumsel
Ilustrasi buaya. Foto: Trubus

Gardaanimalia.com – Setelah sempat dikabarkan hilang, seorang warga Desa Santan Sari, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, bernama Umar Bahuri (48) akhirnya ditemukan. Jasadnya ditemukan pada Selasa (20/4/2021) sekitar jam 03.05 WIB di pinggiran parit kanal yang jaraknya kurang lebih 50 meter dari TKP.

Umar Bahuri awalnya dilaporkan hilang pada Senin (19/4/2021). Korban yang sedang mencari rumput bersama dua orang lainnya mendadak hilang dengan dugaan diterkam oleh buaya di parit kanal PT KAM Kabupaten Banyuasin. Mengutip dari laman Tribun Wow, jenazah korban dalam keadaan tidak utuh saat ditemukan.

Baca juga: Kenali Codot Talaud, Spesies Kelelawar yang Dilindungi di Indonesia

Menanggapi peristiwa ini, Kepala SKW I Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan, Yusmono, mengatakan timnya akan melakukan observasi di lokasi kejadian. Ia menyatakan perlu langkah tepat agar konflik antara satwa dan warga tidak terjadi lagi. Terlebih lagi, sudah ada empat korban tewas di lokasi yang sama akibat diterkam buaya. Namun, Yusmono menegaskan bahwa saat ini belum ada opsi untuk memindahkan buaya dari lokasi tersebut.

“Saat air sungai pasang maka buaya masuk ke saluran irigasi. Ketika surut buayanya terjebak di irigasi dan ketika pasang lagi buayanya mungkin tidak keluar dari sungai atau tetap di dalam saluran irigasi,” imbuhnya seperti dilansir dari laman iNews.

Ia menyebutkan sudah ada papan peringatan yang dipasang di sekitar lokasi karena area tersebut memang terhubung langsung dengan habitat buaya yakni Sungai Rengit. Yusmono juga mengimbau agar masyarakat berhati-hati ketika beraktivitas di sekitar saluran irigasi tersebut dan memperhatikan papan peringatan ketika melintas.

BACA JUGA:
Penyelundupan Satwa Langka Dari Indonesia Berhasil Digagalkan Malaysia
  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments