Akibat Pelihara Owa, Seorang Anak Terluka

  • Share
Akibat Pelihara Owa, Seorang Anak Terluka
Proses evakuasi owa oleh BKSDA. Foto: BKSDA Pos Jaga Sampit

Gardaanimalia.com – Seorang anak dilaporkan terluka akibat diserang oleh seekor owa yang dipelihara warga di Dusun Sungai Bugis, Desa Kenyala, Kecamatan Telawan, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Seperti diberitakan oleh InfoPBUN, peristiwa ini bermula ketika primata dilindungi itu terlepas dari kandangnya. Akibatnya, anak tersebut mendapatkan 20 jahitan.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, Muriansyah, mengatakan pihaknya mendapat informasi terkait peristiwa ini pada Sabtu (11/09/2021). Pada hari berikutnya, petugas kemudian mendatangi lokasi dan mengevakuasi owa berjenis kelamin jantan ini sudah dipelihara oleh warga selama kurang lebih 10 tahun itu.

Baca juga: Kumpulan Pertanyaan untuk Para Pemelihara Satwa Liar

“Owa yang dipelihara warga ini mengganas diduga kuat karena sedang masa birahi sehingga lebih agresif,” ucap Muriansyah.

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar tidak memelihara owa dan satwa liar dilindungi lainnya. Selain melanggar hukum, tindakan tersebut juga membahayakan.

“Banyak dampak negatif memelihara satwa liar khususnya owa. Jadi, jangan coba-coba memelihara,” tegasnya.

Petugas BKSDA juga meminta agar masyarakat tidak menangkap atau membunuh satwa liar. Jika warga melihat atau ada gangguan satwa liar sebaiknya langsung melapor pada petugas, perangkat desa, polisi, atau TNI setempat.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments