Berita  

BBKSDA Jabar Mengevakuasi Macan Kumbang Sakit yang Dekati Pemukiman

BBKSDA Jabar Mengevakuasi Macan Kumbang Sakit yang Dekati Pemukiman
Evakuasi Macan kumbang. Foto: Siti Marufah

Gardaanimalia.com – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat Wilayah I Serang mengevakuasi seekor Macan kumbang (Panthera pardus melas) di wilayah Taman Hutan Raya (Tahura) Carita, Pandeglang, Banten.

Petugas datang ke lokasi setelah mendapatkan laporan dari warga terkait keberadaan satwa liar ini.

“Pada hari Selasa tanggal 15 Desember 2020 pagi, bapak Jarmin (55) melaporkan adanya macan kumbang yang terluka/ sakit di daerah Taman Hutan Raya Carita kepada Call Center SKW I Serang. Sudah tiga hari berkeliaran di sekitar blok Silegar dan Curug Putri Taman Hutan Raya Carita dalam keadaan sakit,” kata petugas BBKSDA Anto yang dikutip dari laman Merdeka.com, Rabu (16/12/2020).

Baca juga: Kabar Buruk! 31 Spesies Dinyatakan Punah oleh IUCN

Dari keterangan yang diberikan oleh warga Kampung Mataram, Desa Sukarame, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Macan kumbang tersebut sudah berkeliaran selama kurang lebih tiga hari sekitar Curug Patri Taman Hutan Raya Citra dan blok Solegar. Namun, macan itu tampak lemah dan sakit.

BBKSDA Jabar Mengevakuasi Macan Kumbang Sakit yang Dekati Pemukiman
Macan kumbang (Panthera pardus melas). Foto: serangnews.pikiran-rakyat.com

Setelah dievakuasi, macan tersebut langsung dibawa ke kantor SKW 1 Serang untuk segera mendapatkan perawatan dan nantinya akan dilepasliarkan jika kondisinya sudah baik.

Dalam keterangan yang terpisah, petugas Tahura Carita menuturkan bahwa macan tersebut pertama kali dijumpai oleh wisatawan asing. Turis itu melihat macan yang sudah lemah dan hanya diam di sekitar Blok Mataram Solegar.

“Pihak Tahura langsung berkoordinasi dengan BBKSDA dan langsung dievakuasi siang tadi dan dibawa langsung ke Serang,” ungkap petugas Tahura Carita, Hilman Firdaus.

BACA JUGA:
Habitat Terganggu, Macan Kumbang Cari Makan di Permukiman
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
1 year ago

[…] Baca juga: BBKSDA Jabar Mengevakuasi Macan Kumbang Sakit yang Dekati Pemukiman […]