Berita  

Beruang Madu Muncul 5 Kali, BKSDA Sumbar Lakukan Pengecekan

Gardaanimalia.com – Seekor beruang madu (Helarctos malayanus) muncul kembali di Agam, Sumatera Barat. Warga bernama Erizal M Sutan Mangkuto (50) melihat satwa dilindungi itu sekitar jam 15.30 WIB pada hari Sabtu (9/1/2021). Kemudian, pada Minggu (10/1/2021), ia melapor ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat Resort Agam.

Mengutip dari laman Suara, Rabu (13/1/2021), beruang madu itu muncul di ruas jalan Kelok 44 tepatnya di Kelok 28, Jorong Kuok Tigo Koto, Nagari Matur Mudiak, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Petugas Resort KSDA Agam sudah mendatangi lokasi tersebut pada hari Senin (11/2/2021) untuk melakukan pengecekan lebih lanjut.

“Sebelum melakulan upaya penanganan, kita akan melakukan pengumpulan data dan analisa pergerakan satwa terlebih dahulu, mengingat upaya pemasangan perangkap beberapa waktu lalu belum membuahkan hasil,” papar Ade Putra, Pengendali Ekosistem Resor Agam pada Rabu (13/1/2021).

Baca juga: Konflik Harimau Kembali Terjadi, 5 Lembu Jadi Mangsa

Beruang Madu Muncul 5 Kali, BKSDA Sumbar Lakukan Pengecekan
Tangkapan layar video beruang madu. Foto: BKSDA Resort Agam

Ia menambahkan bahwa berdasarkan keterangan saksi dan pengecekan di lapangan, kemungkinan beruang yang muncul itu sama dengan individu yang sempat dilihat warga beberapa bulan lalu. Menurut catatan, satwa dengan nama ilmiah Helarctos malayanus ini pernah muncul di Kelok 35 pada Oktober 2020. Lalu, muncul lagi di kelok 42, Kelok 28, Padang Galanggang, dan Sidang Tengah.

Ade juga mengingatkan agar warga tetap waspada dan berhati-hati. Menurutnya, beruang itu sudah muncul lima kali. Kemungkinan satwa itu ingin mencari makan karena di lokasi tersebut sedang musim buah.

“Apabila beruang itu masih muncul di lokasi yang sama, maka akan kita pasang perangkap. Keberadaan satwa itu sekarang masih berpindah-pindah,” pungkasnya.

BACA JUGA:
Jual Satwa Kukang, Seorang Pedagang Jangkrik Ditangkap Polda Sumsel
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments