BKSDA Kembalikan Burung Bangau Langka ke Habitatnya

  • Share
Burung bangau tongtong (Leptoptilos javanicus) dievakuasi oleh BKSDA Kalimantan Tengah. | Foto: Dok. BKSDA Kalteng
Burung bangau tongtong (Leptoptilos javanicus) dievakuasi oleh BKSDA Kalimantan Tengah. | Foto: Dok. BKSDA Kalteng

Gardaanimalia.com – Tim WRU SKW I Palangka Raya, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah berhasil melepasliarkan burung bangau tongtong (Leptoptilos javanicus), Minggu (3/4).

Burung bangau tersebut dilepasliarkan di wilayah Kelurahan Tangkiling yang merupakan penyangga kawasan konservasi Taman Nasional Sebangau.

Setelah dilepasliarkan, petugas melakukan pengamatan terhadap bangau selama 1 jam, dan terpantau bangau tengah melakukan aktivitas di sepanjang anak sungai Rungan yang terdapat banyak jenis ikan sebagai makanannya.

“Selamat kembali di rumah yang sesungguhnya, semoga berkembang biak di alam,” ungkap Nur Patria Kurniawan, Kepala BKSDA Kalimantan Tengah dalam keterangan tertulis di akun Instagram bksda_kalteng, Senin (4/4).

Sebelumnya, satwa yang diselamatkan di wilayah Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas tersebut telah dilakukan perawatan dan dinyatakan siap untuk dikembalikan ke alam liar.

Burung bangau itu dievakuasi lantaran ada warga yang menginformasikan melalui akun Facebook BKSDA Kalimantan Tengah tentang adanya satwa bangau tongtong, Kamis (31/3).

Maka pada hari yang sama, tim WRU SKW I Palangka Raya pun langsung menuju lokasi keberadaan satwa yaitu Pondok Pesantren Al Amin di Desa Anjir Palambang, Kecamatan Pulau Petak, Kapuas.

“Pelapor yang merupakan pengurus pondok pesantren tersebut mendapat informasi dari seorang bapak yang ingin menyerahkan bangau tongtong,” jelasnya.

Burung bangau tongtong diketahui berjenis kelamin betina dan berumur sekitar 1 tahun. Satwa dilindungi tersebut ditemukan di pohon randu dan dibawa oleh sang bapak itu pulang.

“Selanjutnya ia menyampaikan untuk dilaporkan kepada instansi yang menangani untuk mengevakuasi bangau tongtong,” kata Nur Patria.

Saat dievakuasi oleh tim BKSDA, burung bangau dalam kondisi sehat dan jinak. Namun, sebelum dikembalikan ke alam liar, satwa itu ditempatkan di kandang transit SKW I Palangka Raya untuk dirawat sementara dan pengamatan.

BACA JUGA:
Polda Sulteng Tangkap Warga Selundupkan Burung Paruh Bengkok Dari Maluku

Tak lupa, Kepala BKSDA Kalimantan Tengah itu juga memberikan apresiasi kepada pelapor dan penemu bangau yang telah menyelamatkan satwa yang berada di sekitar mereka.

Bangau tongtong dilepasliarkan di alam. | Foto: Dok. BKSDA Kalteng
Bangau tongtong dilepasliarkan di alam. | Foto: Dok. BKSDA Kalteng
  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments