Berita  

Buaya Dievakuasi Lantaran Muncul Saat Warga Sedang Memancing

Gambar seekor buaya saat dievakuasi oleh tim damkar di Kutai Timur, Kalimantan Timur. | Foto: Istimewa/Detik
Gambar seekor buaya saat dievakuasi oleh tim damkar di Kutai Timur, Kalimantan Timur. | Foto: Istimewa/Detik

Gardaanimalia.com – Seekor buaya sepanjang 4 meter muncul saat warga tengah memancing di pinggir sungai di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur.

Usai mendapatkan laporan dari warga, satwa liar tersebut pun kemudian dievakuasi oleh tim pemadam kebakaran (damkar) yang berjumlah 10 orang pada Minggu (20/3) pukul 21.00 WITA.

“Informasi awal dari petugas yang mendapat laporan dari warga yang sedang mancing, dari situ tim yang berjumlah 10 orang bergerak ke lokasi untuk melakukan evakuasi,” ungkap Rudi Kuncoro, Koordinator Penyelamatan Disdamkar, Minggu (20/3) dilansir dari Detik.

Reptil bertubuh besar itu dievakuasi dengan menggunakan jaring di sebuah selokan kecil yang terletak di wilayah perkebunan jalur sungai di Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Kutai Timur.

“Proses evakuasi kita menggunakan jaring, jadi dari petugas kita bagi 3 tim, ada yang berjaga di area keluar selokan, dan sebagian menggiring buaya, sisanya berjaga di lokasi perangkap,” jelasnya.

Ia menceritakan, bahwa pihaknya tidak mengalami hambatan ketika mengevakuasi satwa tersebut lantaran posisi buaya berada di selokan kecil, dan petugas juga terbantu dengan peralatan cahaya yang memadai.

“Alhamdulillah usai terkena jaring, tim langsung mengangkat buaya tersebut menggunakan tali, usai terangkat mulut dan kakinya langsung diikat agar tidak melawan,” terang Rudi.

Ia juga menyebut, meski posisi buaya berada jauh dari perkampungan masyarakat, akan tetapi upaya pemindahan itu tetap dilakukan oleh pihaknya sebagai bentuk antisipasi.

“Memang lokasinya jauh dari permukiman warga, namun sebagai antisipasi kita lakukan evakuasi agar warga merasa aman saat kondisi banjir di wilayah Kutai Timur seperti saat ini,” paparnya.

Selanjutnya, ujar Rudi, satwa itu akan diserahkan kepada Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Timur agar dapat dikembalikan ke habitat yang jauh dari permukiman.

BACA JUGA:
Diduga Pakan di Hutan Habis, Anjing Ajag Berburu ke Perkampungan

“Sementara buaya kita amankan di Disdamkar, rencananya kita akan hubungi pihak BKSDA untuk selanjutnya dilepasliarkan di habitatnya,” tutup Rudi.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments