Demi Selamatkan Harimau Sumatera, BKSDA Aceh Pasang Perangkap

  • Share
Demi Selamatkan Harimau Sumatera, BKSDA Aceh Pasang Perangkap
Harimau Sumatera masuk perangkap di Aceh. Foto: Dok. BKSDA Aceh

Gardaanimalia.com – Setelah melakukan berbagai upaya untuk menyelamatkan seekor Harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae), Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort 18 Wilayah Aceh Singkil berhasil memerangkap satwa dilindungi tersebut. Satwa itu masuk ke perangkap di perkebunan kelapa sawit warga di wilayah Pangkalan Sulampi, Kecamatan Suro, Kabupaten Aceh Singkil pada Rabu (23/12/2020).

“Pemasangan perangkap jeruji sudah sejak lima hari terakhir, yakni Jumat lalu,” ujar Kepala BKSDA resort 18 wilayah Aceh Singkil, Sutino.

Ia menuturkan bahwa selama ini keberadaan harimau tersebut cukup meresahkan warga. Raja hutan ini sudah beberapa kali memangsa sapi dan kambing milik warga desa. Sebelum terperangkap, berbagai upaya lain untuk mengusir satwa liar ini sudah dilakukan mulai dari penggunaan mercon, pemasangan kamera, hingga akhirnya pemasangan perangkap inilah yang berhasil.

Baca juga: 3 Tersangka Pedagang Kulit dan Organ Harimau Sumatera Ditangkap

“Kami pasang perangkap dengan umpan satu ekor kambing. Di hari kelima, baru sang saja hutan masuk dalam jebakan,” jelas Sutino, dilansir dari laman Acehonline.com, Kamis (24/12/2020).

Selanjutnya harimau Sumatera itu akan dibawa ke kantor BKSDA Resort wilayah Kota Subulussalam untuk diperiksa kondisinya.

Terpisah, Kepala BKSDA Aceh Agus Arianto mengungkapkan bahwa Harimau Sumatera yang masuk perangkap tersebut akan dilepasliarkan di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Namun, lokasi dan waktunya masih didiskusikan.

“Kami masih mendiskusikan lokasi pelepasliaran harimau tersebut. Menyangkut kapan pelepasliaran harimau, tergantung keputusan tim dokter hewa,” jelasnya.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments