Berita  

Diduga ‘Dibuang’ oleh Warga, Seekor Siamang Dievakuasi BBKSDA Sumut

Diduga 'Dibuang' oleh Warga, Seekor Siamang Dievakuasi BBKSDA Sumut
Proses evakuasi siamang. Foto: BBKSDA Sumut

Gardaanimalia.com – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah II Stabat Bidang KSDA Wilayah I berhasil mengevakuasi satu individu siamang (Symphalangus syndactylus) pada Senin (4/1/2021). Upaya penyelamatan ini dilakukan sebagai tindak lanjut laporan warga.

Mengutip dari keterangan tertulis pada situs resmi BBKSDA Sumut, Kamis (7/1/2021), selama sebulan terakhir siamang itu terlihat berkeliaran di perladangan sawit muda di daerah Desa Sempa Jaya, Kecamatan Bahorok, Langkat. Tim dari SKW II Stabat datang bersama dengan tim dari Yayasan Orangutan Sumatera Lestari (YOSL-OIC) dibantu masyarakat setempat melakukan penyelamatan siamang tersebut.

Diduga 'Dibuang' oleh Warga, Seekor Siamang Dievakuasi BBKSDA Sumut
Tim melakukan evakuasi  di Bahorok. Foto: BBKSDA Sumut

Baca juga: Terpisah dengan Induknya, Seekor Ungko Mengalami Luka-luka

Menurut hasil pemeriksaan awal, kera hitam ini diduga merupakan peliharaan warga yang dilepaskan ke hutan. Karena tanpa rehabilitasi, akhirnya satwa ini keluar dari hutan dan mendekati pemukiman. Namun, secara fisik, BKSDA Sumut menyatakan kondisinya sehat. Jenis kelaminnya jantan dan sudah dewasa.

Rencananya, siamang ini akan dibawa ke Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Sibolangit. Di sana satwa ini akan menjalani serangkaian perawatan dan tahapan rehabilitasi sebelum nanti siap untuk dikembalikan ke alam.

BACA JUGA:
Warga Temukan Tapir Terluka Berkeliaran di Kebun Karet
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
1 year ago

[…] Baca juga: Diduga ‘Dibuang’ oleh Warga, Seekor Siamang Dievakuasi BBKSDA Sumut […]

trackback
1 year ago

[…] Baca juga: Diduga ‘Dibuang’ oleh Warga, Seekor Siamang Dievakuasi BBKSDA Sumut […]