Dikhawatirkan Bawa Virus, Puluhan Lovebird Diamankan Petugas

  • Share
Dikhawatirkan Bawa Virus, Puluhan Lovebird Diamankan Petugas
Penyelundupan burung lovebird di Maluku. Foto: iNews/Ismail S

Gardaanimalia.com – Karantina Pertanian Ternate menyita 49 ekor burung lovebird asal Manado yang hendak diselundupkan, Minggu (5/9/2021). Aksi ilegal ini berhasil diungkap ketika petugas melakukan pengawasan terhadap KM Simba di Pelabuhan Jailalo, Halmahera Barat.

Petugas juga mengamankan 15 ekor ayam hias yang disembunyikan di sebuah kamarpenumpang. Sebelumnya, Sabtu (04/09/2021), petugas juga menyita lima ekor ayam kampung dari Manado yang dibawa oleh KM Barcelona.

Semua penyitaan tersebut dilakukan mengingat adanya potensi bahaya unggas dewasa yang merupakan media pembawa hama dan penyakit hewan. Maluku Utara sebagai salah satu dari tiga provinsi yang hingga saat ini bebas flu burung, diharuskan tetap terjaga dari virus tersebut.

Terlebih lagi, Keputusan Menteri Pertanian No. 67 Tahun 2016 menegaskan bahwa unggas dewasa dari daerah yang tidak bebas flu burung dilarang masuk ke Maluku Utara.

“Petugas kami senantiasa melakukan pengawasan di tempat yang rawan penyelundupan unggas dewasa, seperti Pelabuhan Jailolo ini,” ucap Kepala Karantina Pertanian Ternate, Yusup Patiroy, Minggu (05/09/2021).

Baca juga: Penyelundupan 2.044 Ekor Burung di Kumai Berhasil Digagalkan

Dilansir dari Antaranews, menurut Patiroy, kapal dari Manado terlebih dahulu singgah di Jailolo sebelum akhirnya masuk Ternate. Inilah yang seringkali dimanfaatkan oknum untuk memasukkan unggas dewasa dari daerah tidak bebas flu burung.

Ia mengungkapkan bahwa modus para penyelundup untuk memasukkan unggas dewasa ke Maluku Utara sangat beragam. Meskipun begitu, timnya berkomitmen untuk terus mengamankan dan mewaspadai setiap modus yang semakin berkembang.

“Petugas kami terlatih dengan berbagai pengalaman untuk mendeteksi berbagai macam modus penyelundupan unggas dewasa. Kami berupaya menutup setiap celah penyelundupan dengan memperketat pengawasan di tempat-tempat yang potensial,” tambahnya.

BACA JUGA:
Penyelundupan Satwa di Bandara Kualanamu Berhasil Digagalkan

Diakui Patiroy, keberhasilan dalam pengungkapan ini juga tidak terlepas dari kerja sama dengan berbagai instansi terkait lingkup pelabuhan.

“Untuk hal ini, kami ucapkan terima kasih kepada anggota KUPP Kelas III Jailolo atas kerjasamanya dengan tugas pengawasan yang dilakukan petugas kami di Pelabuhan Jailolo,” pungkasnya.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments