Ditjen Gakkum KLHK Razia Satwa Langka di Pasar Ayam Plered Cirebon

  • Share

Ditjen Gakkum KLHK Razia Satwa Langka di Pasar Ayam Plered Cirebon

CIREBON – Ditjen Penegakkan Hukum (Gakkum) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) wilayah Jawa, Bali, Nusa Tenggara bersama Polsek dan Koramil Weru menggelar razia di Pasar Ayam Desa Weru Kidul, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Sabtu (28/7) siang lalu. Sasaran operasi adalah satwa langka yang dilindungi namun diperjualbelikan oleh masyarakat.

Dari razia itu, petugas berhasil mengamankan 5  satwa langka yakni seekor landak, burung bayan dan tiga ekor anak musang. Proses razia juga diliput stasiun televisi Jerman Prosieben TV yang tengah membuat laporan soal perdagangan satwa di Indonesia.

Ditjen Gakkum KLHK Razia Satwa Langka di Pasar Ayam Plered Cirebon
Kameramen media asing mengambil gambar satwa dilindungi

Kapolres Cirebon Kabupaten, AKBP Suhermanto melalui Kapolsek Weru, Kompol Rusdi Hayat membenarkan adanya media asing yang ikut dalam  kegiatan razia. “Barang bukti yang berhasil kita amankan adalah landak dari pedagang berinisial KDM (57) warga Desa Cangkring, Kecamatan Plered. Burung bayan dan 3 anak musang kita amankan dari YL (36) warga Desa Weru Kidul, Kecamatan Weru. Kelima hewan itu kita sita dan akan dikarantina untuk proses pemulihan.  Nantinya akan dibebaskan lagi ke habitatnya untuk dilestarikan agar tidak punah,” jelas Rusdi di Mapolsek Weru, Senin (30/7).

Menurut Rudi, para pedagang mengaku tidak mengetahui kalau hewan tersebut adalah satwa yang dilindungi dan tidak boleh diperjualbelikan. “Sehingga mereka hanya dilakukan pembinaan saja dan tidak dilakukan penahanan,” katanya.

Ditjen Gakkum KLHK Razia Satwa Langka di Pasar Ayam Plered Cirebon
Petugas mencatat informasi dari pedagang di Pasar Ayam

Rusdi menambahkan, razia dilakukan karena maraknya perdagangan satwa langka yang di lindungi di sejumlah pasar hewan di Indonesia. TNI dan kepolisian bersinergi mengawal operasi agar tidak ada perlawanan dari pedagang. “Dalam operasi gabungan ini kita libatkan 16 personel. Lima anggota Polsek Weru, satu anggota TNI dan sepuluh anggota Dirjen Gakkum LHK,” jelasnya. (cep)

Sumber : radarcirebon.com

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments