Masuki Perkebunan, Harimau Mangsa Kambing dan Nyaris Terkam Warga

  • Share
Gambar empat ekor kambing dalam keadaan mati sebab dimangsa oleh harimau di Aceh. | Foto: Istimewa
Gambar empat ekor kambing dalam keadaan mati sebab dimangsa oleh harimau di Aceh. | Foto: Istimewa

Gardaanimalia.com – Empat ekor kambing milik warga ditemukan mati di kawasan perkebunan Desa Krueng Batee, Trumon Tengah, Minggu pagi (31/10).

Menurut laporan, peristiwa ini terjadi sebab ada seekor harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) yang masuk ke kawasan perkebunan di Kabupaten Aceh Selatan.

Sesaat sebelum kejadian, 2 orang warga pun nyaris diterkam saat tengah mencari kambingnya yang hilang di kawasan pegunungan daerah setempat.

Untuk menyelamatkan diri, mereka memanjat pohon sembari menghubungi kepala desa meminta pertolongan. Pasalnya, harimau tersebut masih berada di bawah pohon untuk beberapa saat.

AKP Margiono, Kapolsek Trumon Tengah mengungkapkan bahwa saat kejadian itu pihak aparat pun langsung menuju lokasi peristiwa.

“Aparat desa, TNI dan Polisi kemudian menuju ke lokasi dengan membawa satu pucuk senjata SS1. Ada juga warga yang membawa mercon atau petasan menuju lokasi. Polisi kemudian melepaskan tembakan sebanyak lima kali disusul dengan ledakan petasan yang dibawa warga,” terangnya.

Kemudian, Kepala Seksi Wilayah II Subulussalam Balai Konservasi Sumber Daya Alam Aceh, Hadi Sofyan juga turut membenarkan peristiwa tersebut.

“Kita turun ke lokasi tadi pagi bersama TNI/Polri dan masyarakat. Kami temukan empat kambing telah mati dimangsa harimau,” jelas Hadi dilansir dari tvonenews pada (31/10).

Dalam menindaklanjuti kejadian itu, tim BKSDA Aceh Selatan pun memasang sejumlah kamera pengawas di lokasi untuk melakukan pemantauan terhadap perkembangan dan pergerakan harimau.

“Kami terus melihat perkembangan satwa dilindungi itu apakah ada hubungan dengan (kejadian) sebelumnya di Desa Seulekat dan Simpang, Kecamatan Bakongan Timur,” imbuhnya.

Hadi berharap warga tidak melakukan aktivitas dalam waktu dekat hingga harimau benar-benar mampu dihalau.

BACA JUGA:
Barang Bukti Kulit Harimau Diserahkan Kejari ke BKSDA Aceh
  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments