Harimau Mangsa Ternak Warga, BBKSDA Riau Pasang 8 Kamera Trap

  • Share
Harimau Mangsa Ternak Warga, BBKSDA Riau Pasang 8 Kamera Trap
Ternak yang dimangsa harimau. Foto: BBKSDA Riau

Gardaanimalia.com – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau memasang delapan kamera trap di Dusun Tiga, Desa Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau. Pemasangan tersebut dilakukan setelah adanya laporan warga terkait kemunculan harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae).

Kedelapan kamera pengintai dipasang di beberapa lokasi yakni di sekitar kandang, lokasi perlintasan, dan di lokasi tempat jejak harimau ditemukan.

Sebelumnya, satwa buas tersebut dilaporkan sudah memangsa dua kambing milik warga pada Sabtu (26/6/2021). Lokasi dua ternak itu ada di kandang yang berbeda dan bangkai ditemukan tidak jauh dari kandang masing-masing.

“Harimau itu masuk ke kandang terkunci. Kayu kandang patah ketika harimau menangkap kambing,” ungkap Kepala Bidang II BBKSDA Riau, Heru Sutmantoro.

Baca juga: 5 Burung Langka Endemik Sangihe yang Terancam Punah Karena Pertambangan

Ia menambahkan, satwa liar dilindungi itu juga sudah memangsa anjing peliharaan warga. Sekitar empat bulan yang lalu, ada perusahaan perkebunan yang juga melaporkan kemunculan harimau di lokasi mereka.

Atas peristiwa ini, Heru berharap masyarakat tidak bertindak sendiri untuk menyelesaikan konflik. Terlebih lagi, harimau sumatera adalah satwa langka yang dilindungi oleh negara. Saat ini Tim Wildlife Respon Unit BBKSDA Riau juga sudah berkoordinasi dengan perangkat desa untuk mencari solusi atas konflik ini.

“Tindakan selanjutnya menunggu tangkapan dari kamera pengintai,” ujarnya seperti dikutip dari laman Liputan 6.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments