Harimau Sumatera Dicurigai Memangsa Ternak Warga

  • Share
Hewan ternak yaitu seekor sapi yang dimangsa oleh harimau sumatera. | Foto: Tribun Jambi
Hewan ternak yaitu seekor sapi yang dimangsa oleh harimau sumatera. | Foto: Tribun Jambi

Gardaanimalia.com – Seekor sapi milik warga Desa Lubuk Mandarsah, Kecamatan Tengah Ilir, Tebo, Jambi diduga menjadi mangsa harimau sumatera.

Zulfan Saripudin, Kepala Desa Lubuk Madrasah menerangkan, sebelumnya ia mendapat laporan bahwa terdapat sapi warga yang hilang.

Dalam menindaklanjuti laporan tersebut, Zulfan Saripudin meminta bantuan Ketua RT agar melakukan pengecekan pada lokasi kejadian.

Pihak desa kemudian menghubungi BKSDA Jambi untuk mengusut hilangnya sapi warga, karena sebelumnya terdapat harimau yang pernah menerkam ternak.

“Setelah pencarian yang dilakukan sekitar pukul 10.00 WIB, ternyata sapi tersebut ditemukan di RT 13 Dusun Melako dengan keadaan mati. Bagian buntut sapi habis dimakan, dan bagian leher berlubang, dapat kita simpulkan sapi tersebut dimakan binatang buas atau harimau,” jelas Zulfan Saripudin, Selasa (09/11), seperti yang dilansir dalam metrojambi.

Namun, Zulfan mengakui bahwa pada saat kejadian belum dapat memastikan apakah yang memangsa hewan ternak milik warga itu adalah harimau sumatera atau binatang lain.

“Tapi setelah ditelusuri jejak telapak kaki, dan cakaran di leher sapi tim BKSDA membenarkan bahwa hewan ternak milik warga benar dimangsa harimau sumatera” imbuhnya, dikutip dari jambi.tribunnews.

Setelah muncul kejadian tersebut, pemerintah Desa Lubuk Madrasah pun membuat surat imbauan untuk mengurangi aktivitas di perkebunan dan tidak boleh melakukan aktivitas di perkebunan sendirian.

Kemudian Zulfan Saripudin menambahkan agar pakan hewan ternak harus dicari oleh pemiliknya untuk mencegah hewan ternak berkeliaran sembarangan.

Surat imbauan yang sudah dikeluarkan itu berlaku hingga tim MKK dan BKSDA Jambi menyatakan kondisi sudah aman.

BACA JUGA:
Pengusiran Harimau di Solok Selatan Dihentikan, Ini Penyebabnya!
  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments