Hendak Diselundupkan ke Luar Sorong, Seekor Burung Langka Mati

  • Share
Hendak Diselundupkan ke Luar Sorong, Seekor Burung Langka Mati
Burung betet kelapa paruh besar. Foto: Teropongnews

Gardaanimalia.com – Penyelundupan satwa liar kembali terjadi di Sorong, Papua Barat. Pada Minggu (29/08/2021), petugas gabungan Karantina Pertanian Sorong dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Papua Barat mengungkap upaya penyelundupan satwa liar dilindungi jenis burung betet kelapa paruh besar (Tanygnathus megalorynchos).

Kepala Karantina Pertanian Sorong, I Wayan Kertanegara, menuturkan burung tersebut akan diselundupkan ke luar Sorong dengan kapal Gunung Dempo. Kapal tersebut menuju ke Makassar dan tujuan akhirnya adalah Tanjung Priok Jakarta.

Baca juga: Tangkap Penjual Kulit Harimau, Tim Gabungan Juga Temukan 2 Janin Rusa

Jumlah barang bukti yang ditemukan ada tiga ekor burung betet kelapa paruh besar. Namun, satu ekor sudah dalam keadaan mati. Sementara ini burung yang masih hidup dititipkan di kandang pemeliharaan Karantina Pertanian Sorong. Nantinya burung akan diserahkan kepada BKSDA Papua Barat.

“Modusnya dengan membawa menggunakan kardus kemudian dibungkus kardus,” imbuh I Wayan seperti dikutip dari Teropong News.

Melihat maraknya penyelundupan satwa liar di Sorong, I Wayan menegaskan bahwa pihaknya sudah berkomitmen untuk memperketat pengawasan pada kapal-kapal yang sandar di Pelabuhan Laut Sorong.

“Kami juga akan menggandeng pihak kepolisian untuk mendalami kasus-kasus penyelundupan,” pungkasnya.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments