Berita  

Kabar Terbaru Terkait Keberadaan Harimau Jawa di Gunung Wilis

Kabar Terbaru Terkait Keberadaan Harimau Jawa di Gunung Wilis
Pemasangan kamera trap oleh tim BBKSDA Jatim. Foto: Faktualnews

Gardaanimalia.com – Pada bulan Januari 2021 silam, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur melalui Resort Blitar memasang tujuh kamera trap setelah menerima laporan warga terkait satwa yang diduga harimau jawa (Panthera tigris sondaica). Ketujuh kamera tersebut dipasang di lereng Gunung Wilis, tepatnya di Desa Nyawangan dan Desa Nglurup, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Setelah tiga bulan dipasang, petugas akhirnya melepas seluruh kamera tersebut pada awal bulan April 2021 ini. Setelah pelepasan kamera trap, petugas akan segera melakukan observasi terhadap gambar yang berhasil ditangkap dan disimpan oleh kamera tersebut.

“Kamera-kamera itu dilepas dalam rangka untuk diobservasi,” ungkap Joko Dwiyono, Kepala BBKSDA KRW 2 Blitar.

Baca juga: Beruang Madu Kembali Jadi Korban Jerat yang Dipasang Warga

Joko menambahkan kemungkinan proses observasinya akan membutuhkan waktu yang lama karena file gambar dari kamera tersebut memiliki durasi yang cukup panjang. Namun, ia menegaskan bahwa apapun hasil dari observasi akan disampaikan kepada masyarakat.

Terkait dengan keberadaan harimau jawa di lereng Gunung Wilis, Joko mengatakan belum ada laporan lagi dari warga. Saat ini kondisi di dua desa tersebut juga kondusif dan tidak ada lagi kehebohan maupun kekhawatiran layaknya awal tahun ini.

“Belum ada kabar lagi penampakan harimau dari warga, kita terus memantaunya,” katanya.

Melansir dari laman Antara, Kamis (8/3/2021), Kepala Desa Nyawangan SabarĀ  juga menyampaikan bahwa hingga kini belum ada lagi laporan terkait penampakan harimau jawa dari warganya. Sebelumnya, warga Desa Nyawangan dan Nglurup sempat dihebohkan dengan kemunculan satwa yang diduga harimau jawa.

BACA JUGA:
Toko Kerajinan Reog Digrebek Polhut, Jual Kulit Harimau dan Macan Tutul
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments