Kondisi Kesehatan Harimau di Jambi Belum Stabil

  • Share
harimau sumatera (panthera tigris sumatrae) | Foto: Dok. BKSDA Jambi
Harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) | Foto: Dok. BKSDA Jambi

Gardaanimalia.com – Seekor harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) yang saat ini tengah direhabilitasi di Tempat Penyelamatan Satwa atau TPS BKSDA Jambi alami gangguan pencernaan.

Teguh Sriyanto, Kepala Tata Usaha BKSDA Jambi, mengatakan simpulan terkait kesehatan harimau tersebut ialah hasil dari pemantauan petugas TPS BKSDA Jambi.

“Di kandang di tempat penyelamatan Tempat Penyelamatan Satwa Mendalo Muarojambi, kami memasang kamera untuk memantau, sepertinya harimau tersebut mengalami kesulitan buang air besar, mungkin karena begitu lama tidak makan, sehingga sulit untuk BAB,”  terangnya dikutip dari Antaranews, Selasa (26/10).

Selain kesulitan BAB, kaki kanan harimau tersebut juga masih belum dapat menapak dengan baik. Hal itu disebabkan luka di kaki yang ia dapatkan saat terkena jebakan jerat pada Minggu (17/10) lalu.

Saat ini tim kesehatan BKSDA Jambi pun masih belum bisa melakukan pembiusan untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap harimau. Sehingga kondisinya belum diketahui secara pasti.

Namun begitu, harimau yang berhasil dievakuasi oleh tim BKSDA Jambi dan direhabilitasi di TPS Mendalo Muarajambi tersebut sudah mulai bisa beraktivitas.

Kondisinya terpantau sudah lebih baik dibandingkan saat pertama kali datang ke TPS Mendalo Moarajambi.

“Hal terpenting saat ini adalah mengembalikan staminanya terlebih dahulu agar dapat dilakukan pembiusan dan dicek lebih lanjut mengenai kesehatan harimau itu apakah ada penyakit atau tidak di dalam tubuhnya,” tambah Teguh.

Sebelumnya, harimau betina yang diperkirakan berumur 10 sampai 12 tahun ini terlibat konflik dengan warga sehingga harus dievakuasi.

Saat pertama kali datang ke TPS Mendalo Muarojambi, satwa tersebut mengalami kondisi cachexia atau kekurangan berat badan dan kehilangan massa ototnya.

BACA JUGA:
Penjual Tulang Harimau Ditangkap, BKSDA Sumbar Selidiki Asal Satwa
  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments