Berita  

Masuk Perangkap BKSDA Sumbar, Beruang Madu Langsung Dilepasliarkan

Masuk Perangkap BKSDA Sumbar, Beruang Madu Langsung Dilepasliarkan
Beruang madu yang masuk perangkap. Foto: BKSDA Sumbar Resor Limapuluh Kota

Gardaanimalia.com – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat Resor Limapuluh Kota berhasil memerangkap seekor beruang madu di Jorong Ketinggian, Nagari Sarilama, Kecamatan Harau Limapuluh Kota, Sumbar.

Menurut Kepala BKSDA Sumbar Resor Limapuluh Kota, Martias, perangkap tersebut sebenarnya sudah dipasang sejak bulan Ramadhan dan sudah beberapa kali dipindahkan.

“Sudah beberapa kali perangkap kami pindah-pindahkan. Pada Minggu (20/6/2021) sekitar pukul 23.00 WIB beruang baru masuk perangkap.

Baca juga: BKSDA Maluku Lepasliarkan 150 Satwa Endemik

Ia menyebut petugas memasang perangkap setelah ada laporan dari warga terkait keberadaan beruang madu di daerahnya. Kebetulan pada waktu itu juga sedang musim durian.

Saat ini, satwa yang masuk perangkap sudah dilepasliarkan di kawasan konservasi Limapuluh Kota karena dinilai sehat dan siap untuk langsung dikembalikan ke habitatnya. Lokasinya cukup jauh dari pemukiman warga. Karena itulah Martias meyakinkan bahwa satwa liar itu tidak akan masuk lagi ke pemukiman.

“Kalau dari laporan masyarakat masih ada dua ekor lagi tapi kamu belum tahu kebenarannya sehingga tetap harus dipasang perangkap dan kamera,” imbuhnya.

BACA JUGA:
Sadis! TKA China Santap Buaya 3 Meter, Begini Kronologinya
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments