Melihat Solusi untuk Krisis Alam Liar Lewat “David Attenborough: A Life on Our Planet”

Melihat Solusi untuk Krisis Alam Liar Lewat
David Attenborough: A Life on Our Planet. Foto: Netflix

Gardaanimalia.com – Jika krisis alam dan kehidupan liar tidak segera diatasi, Bumi akan menjadi tempat yang tidak layak untuk ditempati manusia dan makhluk hidup lainnya. Itu adalah satu peringatan keras dari film dokumenter Netflix tahun 2020 lalu yang berjudul David Attenborough: A Life on Our Planet.

Para pecinta program televisi satwa dan kehidupan liar pasti sudah tidak asing dengan Sir David Attenborough, pembawa acara televisi sekaligus narasumber kehidupan liar yang tersohor di seluruh dunia. Lewat film ini, Attenborough menjelaskan bagaimana aktivitas manusia yang terlalu mengeksploitasi alam telah membawa krisis iklim dan ancaman kepunahan massal di abad ini.

Dalam film ini, ia menjelaskan bahwa selama lebih dari 60 tahun kariernya, ia telah melihat sendiri lenyapnya sebagian besar alam dan kehidupan liar akibat kerusakan lingkungan yang semakin mengganas. Meski demikian, Attenborough tidak lupa memberikan solusi-solusi untuk memperbaiki krisis alam dan kehidupan liar saat ini. Ia menekankan bahwa untuk memulihkan stabilitas planet ini, umat manusia harus mengembalikan keanekaragaman hayati yang merupakan komponen terpenting planet ini yang manusia lenyapkan.

Baca juga: Terancam Punah, Mengapa 4 Jenis Hiu di Indonesia Ini Belum Dilindungi?

David Attenborough juga mengusulkan bahwa peningkatan populasi manusia yang tidak terkendali harus distabilkan dengan penurunan kemiskinan dan peningkatan pelayanan kesehatan serta pendidikan. Berbagai sumber daya energi yang terbarukan seperti tenaga surya, angin, air, hingga panas Bumi dapat menyediakan kebutuhan energi yang berkelimpahan untuk seluruh umat manusia.

Perlindungan sepertiga wilayah pesisir dari overfishing juga sangat diperlukan untuk melindungi populasi kehidupan laut demi ketersediaan makanan laut di masa depan. Ia  juga menyarankan pola konsumsi makanan dari tumbuh-tumbuhan yang lebih dominan dari konsumsi daging untuk penggunaan tanah yang lebih efisien dan lebih ramah alam liar.

BACA JUGA:
Mengenal Dugong, Lady of The Sea dan Perannya dalam Ekosistem Laut

Film dokumenter yang mengharukan ini sudah dinominasikan untuk berbagai penghargaan dalam lima festival film di seluruh dunia. Dengan fotografi alam liar yang emosional dan narasi yang dalam dari Sir David Attenborough, film ini wajib dipelajari oleh setiap orang yang peduli akan masa depan alam dan kehidupan liar, serta umat manusia sendiri.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments