Berita  

Muncul di Depan Rumah Dedi, Ular Piton Besar Dievakuasi

Seekor ular piton berukuran 3,5 meter berhasil diselamatkan dari perumahan warga di Palangka Raya. | Foto: Istimewa
Seekor ular piton berukuran 3,5 meter berhasil diselamatkan dari perumahan warga di Palangka Raya. | Foto: Istimewa

Gardaanimalia.com – Seekor ular piton berhasil dievakuasi dari rumah warga di Jalan Menteng VII, Kelurahan Menteng, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya.

Proses evakuasi yang berlangsung pada Sabtu (20/8) sekira pukul 02.15 WIB dilakukan oleh tim Animal Rescue Emergency Response (ERP) Palangka Raya.

Pemilik rumah bernama Dedi Eriawan mengatakan, terkejut saat melihat ular piton tengah memakan seekor tikus di halaman rumahnya.

“Jadi pada saat saya tengah tidur, ada suara yang mencurigakan. Pada saat saya lihat, ternyata ada ular besar yang memangsa tikus di pekarangan rumah saya,” ceritanya.

Karena merasa cemas dan berpikir bahwa reptil itu mungkin bisa membahayakan, dirinya pun langsung melaporkan kejadian itu ke tim ERP.

Tujuannya adalah agar satwa liar berukuran 3,5 meter tersebut dapat segera ditangkap dan dipindahkan ke tempat yang lebih aman.

Sementara itu, Kepala Bagian Operasi ERP, Yustinus Exaudi menyebut, bahwa dalam evakuasi ular piton itu pihaknya mengalami sejumlah kendala.

Ketika dilakukan proses pencarian, satwa bernama ilmiah Pythonidae tersebut berpindah tempat dari lokasi awal sebagaimana informasi yang diterima.

“Sempat kewalahan juga tadi saat petugas melakukan penyisiran, setelah terlihat adanya bekas jejak dari ular akhirnya ular berhasil kita temukan,” terangnya.

Selanjutnya, reptil itu pun segera diserahkan kepada petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah.

“Agar dilepasliarkan ke habitat aslinya yang jauh dari permukiman warga dan jangkauan masyarakat,” tandasnya.

BACA JUGA:
Seekor Macan Tutul Muncul di Kawasan Lawu Selatan
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments