Berita  

Muncul di Tengah Banjir, 3 Rusa Timor Dievakuasi ke Temanggung

Muncul di Tengah Banjir, 3 Rusa Timor Dievakuasi ke Temanggung
Evakuasi rusa timor di Pekalongan. Foto: Tribun Jateng/Indra Dwi Purnomo

Gardaanimalia.com – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah SKW II Pemalang mengevakuasi tiga rusa timor (Rusa timorensis) pada Selasa (9/2/2021). Petugas Polhut BKSDA Jateng SKW II, Endi, mengatakan kepada awak media bahwa ketiga satwa dilindungi itu akan dibawa ke penangkaran di Temanggung, Jawa Tengah.

“Kondisi di lokasi banjir dan ditambah jalanya kecil. Jadi, kita harus menyiapkan tempat agar rusa tersebut,” papar Endi tentang kendala yang dihadapi dalam proses evakuasi ini.

Endi juga mengatakan bahwa ketiga rusa timor itu awalnya hidup di Penangkaran Meduri Asri. Namun, penangkaran itu sudah lama tutup karena tidak memiliki izin penangkaran. Setelah penutupan, satwa dilindungi itu diserahkan ke BKSDA.

Baca juga: Koleksi Satwa Dilindungi Sebagai Hobi, Warga Kalbar Terancam 5 Tahun Penjara

“Sebenarnya akan kami evakuasi tahun lalu tapi ada kendala. Evakuasi belum sempat dilakukan,” jelas Endi.

Muncul di Tengah Banjir, 3 Rusa Timor Dievakuasi ke Temanggung

Ketiga rusa timor itu dilihat oleh warga sedang berkeliaran di tengah banjir yang terjadi di Desa Karangjompo, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

“Dari arah timur masjid seperti ada hewan seperti kambing yang lepas, setelah dilihat ternyata rusa. Kami langsung menangkap dua ekor rusa,” ungkap Qomarudin, warga yang berada di lokasi penemuan rusa.

Ia menambahkan, rusa ketiga baru muncul sekitar dua jam kemudian. Warga mengejar dan menangkap rusa tersebut. Karena tahu satwa itu dilindungi, warga kemudian melaporkan ke BKSDA Jateng.

BACA JUGA:
Gakkum KLHK Amankan Tiga Pedagang Gading Gajah di Pati
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments