Berita  

Nyasar ke Pinggir Pantai, Seekor Buaya Dievakuasi BKSDA Lampung

Nyasar ke Pinggir Pantai, Seekor Buaya Dievakuasi BKSDA Lampung
Evakuasi buaya muara di Lampung. Foto: ANTARA/Muklasin

Gardaanimalia.com – Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Lampung mengevakuasi seekor buaya muara (Crocodylus porosus) pada Jumat (1/1/2021). Buaya yang merupakan tangkapan nelayan itu dievakuasi petugas dari Tempat Pelelangan Ikan Kuala Penet di Desa Margasari, Kecamatan Labuhan Maringgai, Lampung Timur.

“BKSDA dan Balai Taman Nasional Way Kambas akan menelusuri penyebab buaya muara tersebut keluar dari habitat,” ungkap Petugas BKSDA Lampung, Muhamad Husen.

Melansir dari laman Merdeka.com, Senin (4/1/2021), buaya muara yang panjangnya sekitar dua meter itu ‘nyasar’ ke pinggiran pantai sekitar Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kuala Penet. Menurut keterangan nelayan, awalnya buaya itu muncul di sela-sela kapal yang sedang ditambatkan. Setelah melihat keberadaan buaya itu di permukaan, nelayan menangkapnya.

Baca juga: Lewati Habitat Satwa Liar, Tol Sumatera Akan Memiliki Terowongan Harimau

Buaya tersebut sempat menjadi tontonan warga. Lalu, petugas Kepolisian Air dan Udara Polres Lampung Timur dan Polsek Labuhan Maringgai mengamankan satwa dilindungi itu sebelum akhirnya dievakuasi oleh tim BKSDA Lampung.

Atas kejadian ini, Muhamad Husen, mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati terutama ketika melakukan aktivitas di perairan yang lokasinya dekat habitat buaya. Terlebih lagi, konflik satwa liar dengan manusia sering terjadi.

“Konflik manusia dengan buaya di Lampung, tiap kabupaten ada laporan terutama di Lampung Timur, Lampung Selatan, dan Tanggamus,” imbuhnya.

BACA JUGA:
Konflik Gajah Liar Kembali Terjadi, Warga Blang Teungku Minta Pembangunan CRU
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
1 year ago

[…] Baca juga: Nyasar ke Pinggir Pantai, Seekor Buaya Dievakuasi BKSDA Lampung […]