Penampakan Macan Tutul Jawa yang Tertangkap Kamera Trap

  • Share
macan tutul betina yang tertangkap kamera-99d9d681
Macan tutul jawa yang terekam kamera trap. Foto: Dedi Mulyadi

Gardaanimalia.com – Kemunculan seekor macan tutul (Panthera pardus melas) yang tertangkap melalui kamera trap di kawasan gunung dan hutan Sanggabuana, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menjadi kabar gembira. Kejadian ini diawali dengan pemantauan yang dilakukan oleh Dedi dan Tim Sanggabuana Wildlife Expedition.  Ada 20 unit kamera trap diletakan untuk memantau keberadaan satwa di kawasan tersebut.

Saat pratinjau dilakukan, seekor macan tutul betina dewasa tertangkap kamera tengah berjalan dari arah selatan ke arah utara pada pukul 05.16 WIB di hari Sabtu (11/09/2021). Macan tutul tersebut juga terpantau kembali lagi menggunakan jalur yang sama.

Ahmad Munawir, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak, mengatakan bahwa selain macan tutul, kamera trap juga menangkap musang, babi hutan, serta tikus hutan yang merupakan makanan alami macan tutul.

Baca juga: Benarkah Jalak Suren Sudah Punah di Alam?

“Ini kabar baik dan menunjukkan bahwa biodiversity Sanggabuana masih baik, apalagi status hutan ini adalah hutan di luar kawasan konservasi,” tutur Munawir yang bertugas mendata satwa di gunung Sanggabuana tersebut.

Hasil pantauan kamera trap menunjukkan setidaknya ada 40 jenis burung, tiga jenis primata, serta empat jenis raptor. Di antara satwa yang terpantau setidaknya ada empat satwa dilindungi yang tertangkap kamera yaitu macan tutul jawa, elang jawa, owa jawa, dan surili.

Dilansir dari antaranews.com, Bernard T. Wahyu Wiryanta selaku pemimpin Sanggabuana Wildlife Expedition mengatakan hal ini bisa menjadi dasar KLHK untuk segera menetapkan kawasan Hutan dan Gunung Sanggabuana menjadi kawasan konservasi.

Di sisi lain, Dedi Mulyadi selaku Wakil Ketua Komisi IV DPR RI mengatakan bahwa ia dan pihaknya telah membuat usulan untuk menjadikan gunung dan hutan Sanggabuana sebagai kawasan konservasi. Usulan ini dikemukakan agar kawasan gunung Sanggabuana dapat dilindungi dan dipantau oleh negara.

BACA JUGA:
Enam ekor burung langka dievakuasi ke BBKSDA Jatim
  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments