Penyelundupan Elang Brontok di Bus Antar Provinsi Digagalkan Karantina

  • Share
Penyelundupan Elang Brontok di Bus Antar Provinsi Digagalkan Karantina
Petugas Balai Karantina memegang Elang brontok yang akan diselundupkan dari Lampung ke Jawa Timur

Gardaanimalia.com – Penyelundupan sembilan ekor Elang brontok (Nisaetus cirrhatus) di Bus Antar Provinsi digagalkan oleh Balai Karantina Pertanian Kelas I Bandarlampung di Pelabuhan Bakauheni, Lampung pada Senin (16/11/2020) malam.

Kepala Karantina Pertanian Lampung Muh Jumadh mengatakan digagalkannya penyelundupan satwa dilindungi di Pelabuhan Bakauheni dilakukan bersama tim gabungan Karantina Pertanian Lampung, Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakauheni, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan NGO pemerhati satwa Jakarta Animal Aid Network (JAAN).

“Upaya penyelundupan satwa dilindungi tersebut disamarkan menggunakan kardus yang diletakkan dalam bagasi bus,” ujarnya dilansir dari Antara.

Jumadh menuturkan jenis Elang brontok ini dibawa dalam bentuk paket menggunakan bus antarprovinsi yang rencana akan dibawa menuju ke Provinsi Jawa Timur.

Menurutnya, setelah meminta keterangan dari pengendara bus diketahui bahwa penyelundupan elang tersebut merupakan paket yang dititipkan oleh seorang warga asal Kabupaten Lampung Selatan.

Baca juga: Polda Riau Ungkap Perdagangan Gading Gajah Bernilai Ratusan Juta

“Petugas telah meminta keterangan dari awak bus, dan ternyata memang mereka tidak mengetahui isi dari paket tersebut sebab orang yang menitipkan tidak memberitahu detail barang,” katanya.

Ia menjelaskan dengan tidak disertainya surat resmi dari satwa dilindungi yang hendak dikirim maka satwa sementara akan ditahan dan kemudian dilepasliarkan.

“Karena tidak ada surat resmi dan termasuk dalam satwa dilindungi maka satwa sementara ditahan agar nantinya dapat diserahkan kepada BKSDA,” katanya lagi.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments