Berita  

Petugas BKSDA Kalteng Menggendong Buaya Muara Untuk Dievakuasi

Petugas BKSDA Kalteng Menggendong Buaya Muara Untuk Dievakuasi
Evakuasi buaya muara di Pangkalan Bun. Foto: Borneo 24

Gardaanimalia.com – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) SKW II Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, mengevakuasi seekor buaya muara (Crocodylus porosus) dari rumah warga. Buaya ini ditangkap di pinggir Sungai Kumai, Desa Sungai Kapitan, Kecamatan Kumai pada hari Minggu (17/1/2021) oleh beberapa pemuda.

Para pemuda yang awalnya berniat menangkap ular cincin emas yang meresahkan masyarakat malah menemukan predator air ini. Karena takut akan menimbulkan konflik dengan warga, mereka memutuskan untuk menangkap buaya tersebut. Kemudian, mereka melaporkan dan menyerahkan satwa itu kepada BKSDA SKW II Pangkalan Bun.

Baca juga: Terjebak di Kandang Ayam, Seekor Harimau Sumatera Digiring ke Hutan

Petugas melakukan evakuasi pada hari ini, Senin (18/1/2021). Karena lokasi rumah yang mengamankan buaya muara tersebut berada di dalam gang, akhirnya petugas harus menggendong buaya yang panjangnya kurang lebih dua meter itu hingga ke jalan utama.

Petugas BKSDA Kalteng Menggendong Buaya Muara Untuk Dievakuasi
Petugas BKSDA menggendong buaya muara. Foto: Borneo 24

Selanjutnya, tim BKSDA akan melepasliarkan buaya itu ke tempat yang lebih aman dan jauh dari pemukiman warga.

“Sudah dievakuasi ke Kantor BKSDA. Rencananya mau dilepasliarkan ke Suaka Margasatwa Lamandau,” kata Nasibah, petugas BKSDA yang ikut melakukan evakuasi buaya.

BACA JUGA:
Polisi Tangkap 6 Penjual dan Pemelihara Satwa Dilindungi di Yogyakarta
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments