Berita  

Petugas Tangkap Ular Piton yang Bertengger di Rumah Warga

Seekor ular piton berhasil dievakuasi setelah sempat melakukan perlawanan terhadap petugas yang mengevakuasi. | Foto: Detik
Seekor ular piton berhasil dievakuasi setelah sempat melakukan perlawanan terhadap petugas yang mengevakuasi. | Foto: Detik

Gardaanimalia.com – Seekor ular piton masuk rumah warga di Jalan Abdul Syakur, Kecamatan Mamuju, Sulawesi Barat. Satwa sepanjang 5 meter tersebut berhasil dievakuasi.

Kanit Rescue Damkar Mamuju, Jubair mengatakan, bahwa pihaknya bergegas menuju lokasi setelah menerima laporan dari masyarakat.

“Masuk di rumah warga, pemilik rumah langsung melapor. Tim berangkat ke sana,” ucapnya, pada Minggu (4/9).

Ia menceritakan, satwa jenis reptil itu ditemukan pada Sabtu (3/9) sekira pukul 22.00 WITA. Saat itu, ular berada di tiang rumah warga.

“8 orang petugas Damkar lakukan evakuasi, panjang ular 5 meter. Itu ular ada di tiang atap rumah warga,” papar Jubair.

Proses evakuasi ular piton berlangsung selama satu jam. Jubair menyebut, tim sempat mengalami kesulitan karena posisi ular yang cukup tinggi.

“Satu jam proses evakuasi, pakai tangga kita evakuasi karena di tempat tinggi, baru itu ular kan melilitkan badannya di tiang,” jelasnya.

Tak hanya itu, ular juga melakukan perlawanan saat petugas mencoba menangkapnya. “Melawan waktu mau dievakuasi sama petugas,” ungkap Jubair.

Terkait peristiwa tersebut, Jubair mengaku telah menghubungi pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Barat. Ia mengatakan, pihaknya ingin menyerahkan ular piton.

Dirinya mengimbau kepada masyarakat Mamuju agar tetap waspada dan berhati-hati. Karena, lanjutnya, saat ini sudah memasuki musim hujan.

Jubair juga mengingatkan supaya warga segera melakukan pelaporan apabila menemukan satwa yang dinilai dapat membahayakan.

“Imbauan juga ke warga kalau ada melihat atau temukan hewan berbahaya langsung melapor, jangan lakukan tindakan sendiri. Tim siap 24 jam di kantor,” tutupnya.

BACA JUGA:
Dibor Hingga Diblender, Monyet Disiksa Demi Konten
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments