Ratusan Ekor Burung Kacer Ilegal Diamankan Satgas Pamtas

  • Share
Ratusan burung kacer diamankan oleh Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif Mekanis 643/Wns. | Foto: Dok. Yonif Mekanis 643/Wns
Ratusan burung kacer diamankan oleh Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif Mekanis 643/Wns. | Foto: Dok. Yonif Mekanis 643/Wns

Gardaanimalia.com – Sekitar 480 ekor burung kacer diamankan oleh Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns saat akan dibawa keluar hutan Dusun Sei Daun, Desa Malenggang, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Selasa (7/12).

Dalam keterangan tertulis, Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono mengatakan penahanan satwa liar ilegal ini berawal dari laporan seorang warga binaan Pos Koki Sei Daun, Rabu (8/12).

Warga itu menginformasikan kepada Lettu Inf Restu Belaputra Danki SSK II Koki Sei Daun, lanjutnya, tentang adanya dua orang mencurigakan yang keluar dari hutan dan terlihat tergesa-gesa, di mana lokasi tersebut jarang dilewati oleh warga Dusun Sei Daun.

Segera setelah menerima informasi itu, ujar Hendro Wicaksono, Dan SSK III menurunkan 6 orang personel Koki Sei Daun yang dipimpin Serda Agus Suhaimi untuk melakukan patroli di kawasan lokasi tersebut.

Ia mengungkapkan bahwa pada saat patroli itulah ditemukan barang bukti satwa liar ilegal yakni ratusan ekor burung kacer yang dikemas dalam 32 kotak.

Hendro Wicaksono menyebut bahwa jika melihat jumlah burung kacer yang ada dalam kotak dengan kondisi terbungkus, maka ada dugaan burung-burung tersebut akan diperjualbelikan secara ilegal, dengan upaya mengelabui personel Satgas Pamtas, terangnya.

“Saya sering mengingatkan kepada seluruh personil Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns untuk selalu meningkatkan penjagaan dan tidak lengah dalam menjaga wilayah perbatasan sehingga bisa mencegah segala tindakan ilegal,” tambah Hendro Wicaksono.

Atas kejadian tersebut, Lettu Inf Restu Belaputra, Dan SSK III Koki Sei Daun mengungkapkan bahwa temuan mereka dapatkan itu berkat hubungan baik yang terjalin antara masyarakat Dusun Sei Daun dengan Pos Koki Sei Daun Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns.

BACA JUGA:
Kasus Pembunuhan Gajah Dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Aceh Timur

Sehingga informasi-informasi, khususnya untuk daerah Sungai Daun itu akan diteruskan atau dikabarkan kepada Pos Koki Sei Daun, tutur Restu Belaputra.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments