Sedang Hamil, Ikan Pari Sungai Raksasa yang Langka Dicincang Warga

Sedang Hamil, Ikan Pari Sungai Raksasa yang Langka Dicincang Warga
Ikan pari yang dicincang warga. Foto: iNews/Bisrun Silvana

Gardaanimalia.com – Warga di Desa Sedupi, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dihebohkan dengan penemuan ikan pari sungai raksasa (Himantura polylepis). Warga menemukan ikan dengan berat 150 kilogram itu pada Kamis (11/2/2020) di Sungai Lematang.

Mengutip dari laman Okezone, ikan pari raksasa ini awalnya menyangkut pada tajur salah seorang warga yang sedang mencari ikan. Mang Badar, pemilik tajur, kemudian berusaha membawa ikan pari itu ke daratan.

Karena jarang ditemukan dan terbilang langka, warga sekitar langsung menonton dan mengabadikan ikan pari tersebut. Menurut salah seorang warga Tanah Abang yang datang melihat ke lokasi, ikan pari itu ternyata sedang hamil. Hal ini diketahui setelah ikan tersebut dicincang-cincang untuk dibagikan kepada warga. Ternyata di dalam perut ikan ada empat ekor anak pari.

Mendengar kejadian ini, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan menyatakan keprihatinannya. Martialis Puspito, Kepala Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA Sumsel mengatakan bahwa kemungkinan besar warga tidak mengetahui bahwa ikan pari termasuk dalam satwa dilindungi.

Baca juga: Nasib 5 Burung Kicau dengan Populasi Rendah Namun Tidak Dilindungi

Sedang Hamil, Ikan Pari Sungai Raksasa yang Langka Dicincang Warga
Ikan pari sungai raksasa di Sumatera Selatan. Foto: Detik

“Kita turut prihatin. Masyarakat belum paham pari sungai raksasa adalah satwa langka yang dilindungi. Mungkin kurangnya sosialisasi dan edukasi,” ungkap Martialis sebagaimana dikutip dari laman Detik.

Menurut Martialis, tindakan mencincang ikan pari raksasa ini sama saja menghabisi satu generasi.

“Bayangkan jika keempat ekor anak pari itu bisa hidup dan berkembang biak, kemungkinan habitat satwa langka tersebut akan semakin bertambah,” katanya.

Sebagai langkah agar peristiwa yang sama tidak terulang kembali, Martialis mengatakan bahwa BKSDA akan datang ke lokasi penemuan ikan tersebut. Rencananya akan ada pula sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat di desa-desa yang tinggal di sekitar sungai.

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
7 months ago

[…] Previous: Sedang Hamil, Ikan Pari Sungai Raksasa yang Langka Dicincang Warga […]