Berita  

Seekor Babi Langka Terjebak Jerat di Hutan

Seekor babi rusa berhasil diselamatkan dari jebak jerat. | Foto: Dok. BKSDA Sulawesi Tenggara
Seekor babi-rusa berhasil diselamatkan dari jebak jerat. | Foto: Dok. BKSDA Sulawesi Tenggara

Gardaanimalia.com – Seekor babi-rusa (Babyrousa babyrussa) berhasil diselamatkan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tenggara, dari jebakan jerat.

Penyelamatan satwa berjenis kelamin betina tersebut terjadi saat pihak BKSDA melakukan patroli sapu jerat di kawasan Suaka V, Konawe Selatan, pada Selasa (30/8).

Kepala Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA Sulawesi Tenggara, Laode Kaida, menyebut satwa ditemukan pada waktu petugas membersihkan puluhan jebakan jerat.

“Tim patroli BKSDA Sulawesi Tenggara memusnahkan jerat sebanyak 82 jerat yang dipasang oleh masyarakat. Seekor babi-rusa berhasil diselamatkan,” ungkapnya, Rabu (31/8).

Evakuasi satwa liar dilakukan dengan cara melepas tali jeratnya. “Jenis satwa endemik dan langka serta dilindungi itu terkena jerat di bagian kaki,” ujar Kaida.

Sementara, ia mengatakan, jerat-jerat yang ditemukan langsung dipotong petugas menjadi beberapa bagian. Agar tidak dimanfaatkan kembali oleh para pemasang jerat.

Tak hanya itu, ia juga menjelaskan, bahwa pada umumnya babi dilindungi dan yang tidak dilindungi itu memiliki perbedaan. Di antaranya, lanjut Kaida, terletak pada keberadaan gigi taring masing-masing satwa.

“Yang paling menonjol perbedaannya adalah babi-rusa gigi taring muncul di depan,” paparnya.

Satwa dengan nama ilmiah Babyrousa babyrussa termasuk satwa dilindungi menurut Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.106 Tahun 2018.

Dari pemasangan jerat nilon satwa liar yang ada di kawasan konservasi, seperti Blok Hutan Kalobo, Blok Hutan Saha, dan Blok Hutan Anggaloringgi, bisa berdampak pada kematian satwa.

Berdasarkan keterangan tertulis BKSDA Sulawesi Tenggara, dikatakan bahwa satwa yang bisa terperangkap adalah anoa, babi hutan, rusa, musang, ayam hutan, serta satwa lainnya.

BACA JUGA:
5 Pelaku Perdagangan Sisik Trenggiling Diringkus Tim Gabungan di Sumbar
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments