Selamat Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional!


Komodo (Varanus komodoensis). Foto : Pixabay/TLSPAMG

Gardaanimalia.com – Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia yang terletak di garis khatulistiwa memiliki tingkat keanekaragaman hayati tinggi. Menempati hanya 1,3% luas bumi, Indonesia menampung sebanyak 25.000 jenis flora yang mencakup lebih dari 10% jumlah total di dunia dan 300,000 jenis fauna yang mencakup 17 % jumlah total di dunia.

Indonesia juga menjadi habitat bagi ribuan flora dan fauna endemik, yaitu jenis tumbuhan dan satwa yang hanya dapat ditemukan di suatu wilayah saja, sehingga tidak dapat ditemukan di wilayah lainnya.

Indonesia sendiri memiliki tumbuhan dan satwa endemik yang juga menjadi ikon negara sesuai dengan Kepres no. 4 tahun 1993 tentang Tumbuhan dan Satwa Nasional, seperti : Komodo (Varanus komodoensis), sebagai satwa nasional; Ikan Siluk Merah (Sclerophages formosus), sebagai satwa pesona; dan Elang Jawa (Spizaetus bartelsi), sebagai satwa langka.

baca juga : Jaringan Perdagangan Satwa Langka Dibekuk Polda Jatim

Sementara tiga jenis tumbuhan dinobatkan sebagai bunga nasional, yaitu : Melati (Jasminum sambac), sebagai puspa bangsa; Anggrek bulan (Palaenopsis amabilis), sebagai puspa pesona; dan Padma Raksasa (Rafflesia arnoldi), sebagai puspa langka.

Kayanya jenis flora dan fauna di nusantara memiliki arti yang penting di dalam kehidupan. Pada dasarnya flora dan fauna juga merupakan kebanggaan nasional, dan harus dimanfaatkan sebagai pendorong upaya perlindungan, pelestarian serta pemanfaatannya secara berkelanjutan.

Demi menumbuhkan rasa kepedulian dan rasa cinta masyarakat Indonesia pada kelestarian jenis flora fauna Indonesia, pemerintah mengadakan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) yang diperingati setiap tanggal 5 November.

Hari ini juga menjadi pengingat untuk terus meningkatkan perlindungan serta upaya pelestarian ekosistem, habitat, populasi ataupun kegiatan penelitian dan pengembangan bagi pemerintah Indonesia.

Selamat Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional!


Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seven + 7 =