Berita  

Sempat Jadi Tontonan Warga, Seekor Orangutan Diamankan Polsek Sultan Daulat

Sempat Jadi Tontonan Warga, Seekor Orangutan Diamankan Polsek Sultan Daulat

Gardaanimalia.com – Satu individu orangutan sumatera (Pongo abelii) diamankan oleh Polsek Sultan Daulat. Primata itu diketahui telah berkeliaran di Desa Jabi-Jabi Barat, Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam, Aceh, sejak hari Minggu (30/5/2021) lalu dan menjadi tontonan masyarakat terutama anak-anak.

“Orangutan itu diamankan untuk menyelamatkan dari buruan orang tidak bertanggungjawab,” tutur Kapolres Subulussalam AKBP Qori Wicaksono, SIK seperti dikutip dari Serambinews.

Qory mengatakan bahwa pihaknya menerima informasi masyarakat tentang keberadaan satwa dilindungi tersebut. Kepolisian kemudian datang ke lokasi dan melihat primata tersebut. Ia menduga, satwa itu terlantar karena terpisah dari induknya.

Baca juga: BBKSDA Papua Lepasliarkan Sanca Hijau dan 9 Satwa Hasil Sitaan

“Petugas mengamankan karena khawatir akan keselamatan orangutan yang selama ini menjadi tontonan masyarakat,” tambahnya.

Penemuan ini kemudian disampaikan oleh Kapolsek Sultan Daulat kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh pada Rabu (2/6/2021). Setelah itu satwa langsung diserahkan kepada petugas BKSDA Aceh untuk mendapatkan perawatan dan pemeriksaan.

Belum diketahui apakah satwa itu akan dilepasliarkan atau harus menjalani proses rehabilitasi terlebih dahulu. Namun, Qory menyatakan orangutan dalam kondisi sehat.

Atas kejadian ini, Qory mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang segera melaporkan beradaan orangutan. Ia juga meminta masyarakat untuk melaporkan kepada petugas jika menemukan satwa liar.

BACA JUGA:
Gagal Diselundupkan, Puluhan Burung Nuri Disita dari Pelabuhan Bima
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments