Berita  

Seorang Bapak Serahkan Landak dan Kukang ke BKSDA

Kukang kalimantan (Nycticebus menagensis) diserahkan oleh seorang warga kepada pihak BKSDA Kalimantan Tengah. | Foto: BKSDA Kalteng
Kukang kalimantan (Nycticebus menagensis) diserahkan oleh seorang warga kepada pihak BKSDA Kalimantan Tengah. | Foto: BKSDA Kalteng

Gardaanimalia.com – Seorang warga menyerahkan kukang kalimantan (Nycticebus menagensis) kepada tim Wildlife Rescue Unit (WRU) Seksi Konservasi Wilayah (SKW) III Muara Teweh, Jumat (22/4).

Menurut keterangan tertulis, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah,
Nur Patria Kurniawan mengatakan, laporan tersebut masuk melalui call center BKSDA.

Sesudah mendapat informasi adanya masyarakat yang ingin menyerahkan kukang, tim pun langsung menuju lokasi yang berada di Kelurahan Ampah Kota, Kecamatan Dusun Tengah, Kabupaten Barito Timur.

Tiba di lokasi, tepatnya di rumah seorang bapak yang melapor, tim menemukan seekor kukang berjenis kelamin jantan dan berumur sekitar satu tahun.

Menurut penuturannya, bapak yang menemukan satwa nokturnal tersebut pada keesokan harinya segera mencari informasi penyerahan kukang karena mengetahui itu adalah satwa yang dilindungi.

Namun di luar dugaan, setelah kukang diserahkan dan petugas BKSDA Kalimantan Tengah memberikan sosialiasi terkait jenis satwa yang dilindungi, pelapor kemudian menyerahkan satu ekor satwa lagi.

Seorang warga juga menyerahkan seekor landak kepada BKSDA Kalimantan Tengah. | Foto: BKSDA Kalteng
Seorang warga juga menyerahkan seekor landak kepada BKSDA Kalimantan Tengah. | Foto: BKSDA Kalteng

“Pelapor menyampaikan bahwa saudaranya mempunyai landak (Hystrix brachyura) di rumahnya dan ingin diserahkan secara sukarela kepada BKSDA Kalimantan Tengah,” paparnya.

Pada saat itu juga, landak yang sempat dipelihara selama 1 tahun tersebut diserahkan kepada petugas. Berdasarkan keterangan warga, landak itu ditemukan masuk irigasi dalam kondisi tenggelam.

“Saat ini kukang dan landak berada di kandang transit SKW III Muara Teweh untuk selanjutnya dilepasliarkan di CA (Cagar Alam) Pararawen,” tuturnya.

Tak lupa, dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada warga yang telah peduli dan menyelamatkan satwa liar yang berada di sekitar masyarakat.

Kukang kalimantan merupakan satwa yang dilindungi berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.106 Tahun 2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi.

BACA JUGA:
Seekor Trenggiling Dilepaskan ke Kawasan Hutan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments