Seorang Pria Digigit Buaya, BKSDA Sulteng Beri Peringatan untuk Masyarakat

  • Share
Seorang Pria Digigit Buaya, BKSDA Sulteng Beri Peringatan untuk Masyarakat
Ilustrasi Buaya muara (Crocodylus porosus). Foto: Flickr/Bernard DUPONT

Gardaanimalia.com – Seorang pria, SHT (51), dilaporkan mengalami luka di tangan kanannya akibat digigit seekor buaya pada Minggu (13/12/2020). Pria asal Kecamatan Palu Barat ini digigit buaya saat mandi di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Menurut saksi mata, tangan korban hampir putus. Ia langsung dilarikan ke RSUD Undara Palu setelah berhasil diselamatkan oleh warga di sekitar lokasi kejadian.

Seorang Pria Digigit Buaya, BKSDA Sulteng Beri Peringatan untuk Masyarakat
Tangkapan layar saat korban diselamatkan. Foto: inews.id

Menanggapi kejadian ini, Kepala Seksi Wilayah Konservasi 1 BKSDA Sulawesi Tengah menyatakan tentang adanya dua kemungkinan mengapa buaya di Palu semakin banyak dan lebih agresif. Haruna menyebutkan kemungkinan populasinya bertambah atau ada penyempitan habitat.

“Akhir-akhir ini pantauan kami buaya semakin banyak dan cenderung agresif. Kami belum melakukan monitor apakah populasinya semakin bertambah atau karena adanya penyempitan habitatnya,” tutur Haruna, dikutip dari laman Kompas.com, Senin (14/12/2020).

Baca juga: Burung Kuau Raja yang Terkena Jerat, Diserahkan Warga ke Polisi

Penyempitan habitat tersebut diduga karena ada proyek pembangunan tanggul laut dan tanggul sungai pasca terjadinya tsunami di Palu pada tahun 2018 silam.

Selain masalah penyempitan habitat, Haruna juga mengutarakan kekhawatirannya terhadap perilaku warga. Menurutnya, belakangan ini, masyarakat justru dengan sengaja mendekati tempat berbahaya atau bahkan mendekati buaya.

“Saya juga perhatikan ada warga yang mendekati hewan buas ini saat sedang berjemur. Ada yang suka foto dan sebagainya,” ungkap Kepala Seksi Wilayah Konservasi 1 BKSDA Sulawesi Tengah.

Ia memperingatkan agar masyarakat lebih berhati-hati dan tidak mengusik buaya yang muncul ke permukaan. Ini akan menjadi hal yang sangat berbahaya.

Seorang Pria Digigit Buaya, BKSDA Sulteng Beri Peringatan untuk Masyarakat
Papan peringatan yang dipasang BKSDA. Foto: KOMPAS.COM/ERNA DWI LIDIAWATI

Sebelumnya Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tengah juga sudah memberi imbauan serupa. Ada banyak papan peringatan yang dipasang di sepanjang teluk Palu. Pihak BKSDA juga menyatakan bahwa mereka sudah memberikan informasi langsung kepada masyarakat terkait bahaya buaya jika didekati.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments