Berita  

Sepekan Berkeliaran di Dekat Pemukiman, 2 Gajah Liar Dihalau ke Habitatnya

Sepekan Berkeliaran di Dekat Pemukiman, 2 Gajah Liar Dihalau ke Habitatnya
Ilustrasi Gajah sumatera (elephas maximus sumatranu) di Taman Nasional Tesso Nilo. Foto: Wikipedia/Afrianto silalahi

Gardaanimalia.com – Seekor gajah dewasa dan seekor anak gajah liar yang terpisah dari rombongannya akhirnya berhasil dihalau oleh petugas dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Riau. Warga sudah melihat kedua gajah itu berkeliaran kurang lebih selama sepekan terakhir di Desa Kuala Terusan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan.

“Senin (11/1/2021) sore masih berkeliaran di semak belukar yang jaraknya hanya 300 meter dari rumah warga,” kata Kabid Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Wilayah I, Andre Hansen, seperti dikutip dari Antara.

Menurut Andre, warga sudah berusaha menggiring kedua gajah liar dengan petasan. Namun, tidak membuahkan hasil. Kedua gajah itu malah terpisah. Satu di antara gajah itu malah makin dekat dengan pemukiman di sekitar SDN Kuala Terusan.

Baca juga: Konflik Harimau Kembali Terjadi, 5 Lembu Jadi Mangsa

BKSDA kemudian melakukan penggiringan lagi pada hari Selasa. Bersama dengan masyarakat setempat, tim BKSDA akhirnya berhasil menghalau kedua gajah itu menuju ke habitatnya di kawasan Tesso Utara Kuala Terusan Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Riau.

“Secara alami, hewan ini juga mengetahui habitat mereka dan tentunya ingin berkumpul kembali dengan kelompok mereka,” ujar Andre.

Selama upaya penggiringan gajah liar dilakukan, tim BKSDA juga melakukan koordinasi dengan masyarakat. Ia sempat meminta warga untuk mengurangi aktivitas di kebun dan di luar rumah.

BACA JUGA:
Terdakwa Perdagangan Sisik Trenggiling Divonis 17 Bulan Penjara
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments