Berita  

Sering Terjadi Konflik, BTN Komodo Berencana Bangun Pagar

Sering Terjadi Konflik, BTN Komodo Berencana Bangun Pagar
Komodo di Taman Nasional Komodo. Foto: Dok. Kemenparekraf

Gardaanimalia.com – Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) berencana membangun pagar di Kampung Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Kepala BTN Komodo, Lukita Awang mengatakan pembangunan pagar diperlukan supaya masyarakat bisa lebih tenang dalam beraktivitas dan untuk mencegah terjadinya konflik.

“BTNK akan membuat pagar pengaman di Kampung Komodo untuk meminimalisir potensi interaksi membahayakan dari satwa liar bagi rutinitas harian masyarakat,” paparnya seperti dikutip dari laman Liputan6.

Hal tersebut disampaikan oleh BTNK setelah sebelumnya terjadi konflik antara komodo dan warga. Pada hari Sabtu (16/1/2021), seorang balita berusia 4,5 tahun dilaporkan mengalami luka setelah digigit oleh seekor komodo.

Baca juga: Klarifikasi BKSDA Terkait Video Harimau Loreng yang Viral

Peristiwa ini berawal ketika anak berinsisial F itu sedang bermain dengan sebuah botol yang diikat dengan tali. Tiba-tiba ada komodo yang muncul di kolong rumah lalu menggigit dan menarik botol tersebut sampai balita itu jatuh dan kemudian oleh komodo. Sang ibu yang berada tidak jauh kemudian melihat anaknya yang menangis. Setelah melihat anaknya diserang komodo, ia berteriak meminta tolong. Akibat kejadian ini, pergelangan tangan balita itu terputus dan ia juga mengalami luka di wajahnya.

Secara terpisah, Sekretaris Desa Komodo Ismail berharap agar BTNK segera membangun pagar di kampung komodo agar warga lebih merasa tenang dan aman. Menurutnya, selama ini komodo sering berkeliaran di desa tersebut.

“Konflik antara warga dengan komodo bukan baru kali ini. Kami minta BTN Komodo harus bertanggungjawab atas kejadian ini,” pungkas Ismail.

BACA JUGA:
Tim F1QR Lanal TBK Gagalkan Penyelundupan Benur Senilai Rp 12 Milyar
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments