Tapir yang Dilepasliarkan di TNKS Muncul di Tepi Jalan Raya

  • Share
Tapir yang Dilepasliarkan di TNKS Muncul di Tepi Jalan Raya
Tapir yang ditemukan di pinggir jalan. Foto: Instagram/kabarpessel

Gardaanimalia.com – Pada Sabtu (26/6/2021) sekitar jam 16.00 WIB seekor tapir ditemukan sopir travel di pinggir jalan raya tepatnya di kawasan jembatan gandeng Pessel-Kerinci, Sungai Kunyit, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Penemuan satwa langka ini menjadi viral di media sosial setelah sebuah video diunggah pada Minggu (27/6/2021). Sopir tersebut menemukan satwa ini dalam perjalanan menuju Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Beberapa pengguna jalan juga menjadikan peristiwa ini sebagai tontonan. Dalam video yang diunggah oleh @kabarpessel terlihat beberapa orang menghampiri dan mengusap tubuh tapir tersebut serta di bagian kepala tapir didapatkan beberapa luka.

Pada Minggu Sore, tapir yang viral tersebut  telah dikembalikan ke dalam hutan lagi oleh tim Taman Nasional Kerinci Seblat. Namun untuk lokasi spesifiknya pihak TNKS tidak memberitahukan agar menghindari adanya perburuan.

Baca juga: Harimau Mangsa Ternak Warga, BBKSDA Riau Pasang 8 Kamera Trap

“Sudah digiring ke dalam hutan lagi oleh tim TNKS,” ungkap Kepala BKSDA Jambi Rahmad Saleh sebagaimana dikutip dari Kompas.

Rahmad mengimbuhkan timnya akan terus melakukan monitor terhadap pergerakan tapir tersebut.

Sementara itu, Kasubag DEPK Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat, Hamzah mengatakan bahwa tapir tersebut sebelumnya telah dilepasliarkan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jambi (BKSDA) di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Waktu itu, BKSDA juga melepasliarkan tiga siamang, dua kukang, dan 20 burung murai batu.

“Itu merupakan tapir yang dilepasliarkan oleh KSDA Jambi pada Selasa (22/6/2021),” katanya.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments