Berita  

Temukan 2 Anak Beruang Madu, Warga Langsung Lapor BKSDA

Temukan 2 Anak Beruang Madu, Warga Langsung Lapor BKSDA
Anak beruang madu yang ditemukan warga. Foto: Dok. BKSDA Kalimantan Tengah

Gardaanimalia.com – Dua anak beruang madu (Helarctos malayanus) ditemukan oleh warga Desa Kapuk, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Warga mengaku menemukan satwa dilindungi itu di pinggir hutan. Atas temuan ini, warga berinisiatif untuk menyerahkan satwa dilindungi itu kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah.

Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Muriansyah, menyatakan apresiasi yang tinggi dan berterimakasih kepada warga karena dengan suka rela langsung menyerahkan satwa ke BKSDA.

“Kami sangat berterima kasih kepada masyarakat yang sudah peduli dengan satwa dilindungi hingga menyerahkan kepada pihak BKSDA,” kata Muriansyah, dikutip dari Kumparan.com, Kamis (31/12/2020).

Baca juga: Polisi Kembali Gagalkan Penyelundupan Benih Lobster ke Luar Negeri

Muriansyah memaparkan bahwa dua anak beruang madu itu usianya diperkirakan belum sampai seminggu. Keduanya sekarang sudah dibawa ke SKW II Pangkalan Bun. Keduanya akan mendapat perawatan yang dibutuhkan serta menjalani rehabilitasi di sana. Tentang kondisi kedua anak beruang itu, Muriansyah menjawab bahwa mereka dalam keadaan sehat.

“Kondisinya dalam keadaan baik dan tidak mengalami hal-hal yang membahayakan bagi hewan tersebut,” katanya.

Perlu diketahui bahwa beruang madu adalah satu-satunya spesies beruang yang dapat hidup di Indonesia. Satwa ini sekarang masuk dalam daftar Appendix I of the Convention on International Trade in Endangered Species (CITES). Siapa saja dilarang memburunya.

BACA JUGA:
Pemburu Satwa Liar Didenda Rp. 5 Miliar di Malaysia
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
2 years ago

[…] Baca juga: Temukan 2 Anak Beruang Madu, Warga Langsung Lapor BKSDA […]

trackback
2 years ago

[…] Baca juga: Temukan 2 Anak Beruang Madu, Warga Langsung Lapor BKSDA […]