Temukan 2 Kucing Kuwuk, Warga Lamongan Lapor ke BBKSDA Jatim

  • Share
Temukan 2 Kucing Kuwuk, Warga Lamongan Lapor ke BBKSDA Jatim
Anak kucing kuwuk. Foto: BBKSDA Jatim

Gardaanimalia.com – Seorang warga Desa Sendangharjo, Kecamatan Brondong, Lamongan, Jawa Timur, bernama Masroin menemukan dua anak kucing kuwuk (Prionailurus bengalensis) ketika sedang mencari rumput. Masroin mengaku sempat melihat induk kucing hutan tersebut sedang bertarung dengan seekor ular kobra.  Namun setelah melihat keberadaan Masroin, induk kucing hutan itu kabur.

Ia kemudian memutuskan untuk membawa pulang dua anak kucing kuwuk itu. Masroin mengatakan sempat ingin memelihara kedua kucing yang tampak menggemaskan itu. Namun, ia menyadari bahwa kucing tersebut termasuk satwa dilindungi.

“Saya putuskan untuk melapor ke BBKSDA (Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam),” ungkapnya.

Baca juga: Diduga Terperangkap Jerat, Seekor Macan Dahan Terluka

Pada Selasa (16/2/2021), petugas BBKSDA mendatangi rumah Masroin untuk mengambil dua satwa liar yang masih anakan tersebut.

“Ini jenis kucing hutan Prionailurus bengalensis. Jenis kelaminnya jantan dan satunya lagi betina,” kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah 3 Surabaya, Dodit Ari Guntoro.

Dodit menambahkan anakan kucing kuwuk ini akan mendapatkan perawatan intensif di kandang transit BBKSDA Jawa Timur karena usianya masih kecil dan induknya juga sudah pergi.

“Kira-kira masih berumur satu bulan jadi masih sangat rentan untuk mati,” jelas Dodit.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments