Temukan Kucing Kuwuk di Pekarangan, Warga Lapor BKSDA Sumbar

  • Share
Temukan Kucing Kuwuk di Pekarangan, Warga Lapor BKSDA Sumbar
Penyerahan kucing kuwuk di Padang. Foto: BKSDA Sumbar

Gardaanimalia.com – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat Resor Padang mengevakuasi seekor kucing kuwuk (Prionailurus bengalensis) pada Selasa (16/3/2021). Hal ini disampaikan melalui unggahan BKSDA Sumbar di akun Instagram.

Berdasarkan keterangan pada foto yang diunggah pada Rabu (17/3/2021) itu, kucing kuwuk dievakuasi oleh tim dari rumah warga yang berada di daerah Tanah Tinggi, Padang. BKSDA Sumbar juga menyebutkan bahwa satwa dilindungi ini pertama kali ditemukan oleh warga.

“Satwa tersebut ditemukan oleh Bapak Nover Indra Permana di pekarangan rumahnya,” jelas BKSDA Sumbar dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga: Polres Langkat Sita 42 Belangkas, Hanya 34 yang Bisa Dilepasliarkan

Setelah penemuan kucing kuwuk tersebut, warga berinisiatif untuk melaporkannya ke pihak BKSDA. Tim dari BKSDA kemudian datang untuk mengevakuasi dan melakukan pemeriksaan terhadap satwa tersebut.

Berdasarkan hasil observasi, satwa dinyatakan sehat dan tidak terdapat luka maupun cacat. Kucing kuwuk ini juga dinyatakan layak untuk dikembalikan ke habitatnya di alam. Setelah observasi tersebut, satwa rencananya akan segera dibawa ke hutan pendidikan milik Universitas Andalas untuk dilepasliarkan.

Atas penyerahan ini, BKSDA Sumbar mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang ikut mendukung pelestarian satwa liar.

“Terima kasih atas dukungan dan kepedulian terhadap satwa liar,” tutup BKSDA Sumbar.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments