Berita  

Temukan Trenggiling di Jalan, Warga Langsung Menyerahkannya ke BKSDA Sumbar

Temukan Trenggiling di Jalan, Warga Langsung Menyerahkannya ke BKSDA Sumbar

Gardaanimalia.com – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam menerima trenggiling (Manis Javanica) dari seorang warga pada Kamis (25/2/2021). Menurut keterangan dari Pengendalian Ekosistem Hutan (PEH) BKSDA Resor Agam, Ade Putra, satwa langka itu merupakan temuan warga.

“Satwa itu ditemukan sekitar jam 03.00 WIB oleh Alfi Rahman di jalan raya dekat SPBU Bayang Tomang pada Senin (22/2/2021),” ungkapnya.

Setelah menemukan trenggiling, Alfi sempat membawa satwa tersebut ke dokter hewan Ahmad Ikhsan. Karena mengetahui bahwa trenggiling termasuk satwa dilindungi, dokter kemudian melaporkan kepada BKSDA Sumbar.

Namun, tim BKSDA sedang memadamkan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Tiku Selatan, Agam, pada saat mendapat laporan. Akhirnya trenggiling itu dirawat sementara oleh Ahmad Ikhsan dan dijemput oleh tim dari BKSDA Resor Agam pada hari Kamis.

Baca juga: Gakkum KLHK Menahan Penjual Burung Dilindungi di Lampung Timur

Ade mengatakan saat ini trenggiling tersebut dalam keadaan sehat dan baik. Kemungkinan satwa yang dilindungi oleh peraturan menteri lingkungan hidup nomer 106 tahun 2018 dan UU Nomor 5 tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya itu akan segera dilepasliarkan.

“Satwa itu akan dilepasliarkan kembali di kawasan hutan cagar alam Maninjau,” kata Ade.

BACA JUGA:
Memperdagangkan 63 kg Sisik Trenggiling, Tiga Pemuda Disidang di Aceh
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments