Berita  

Terperangkap Jerat Nelayan, Seekor Buaya Muara Mati

Terperangkap Jerat Nelayan, Seekor Buaya Muara Mati
Evakuasi buaya muara di Cilacap. Foto: Dok. MMP Cilacap

Gardaanimalia.com – Seorang nelayan asal Desa Grugu, Kecamatan Kawungaten, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengan menemukan seekor buaya muara (Crocodylus porosus) yang terjerat jaringnya di Laguna Segara Anakan. Buaya dengan panjang 2,55 meter dan lebar 38 sentimeter ini kemudian ditangkap dan dibawa ke rumah karena tidak bisa terlepas dari jaring.

Setelah mendapatkan informasi dari media sosial tentang buaya yang terjerat, Masyarakat Mitra Polisi (MMP) Kehutanan “Pandu Nusa Buana Nusakambangan Timur” bergegas untuk mengevakuasi buaya tersebut pada Kamis (24/12/2020).

“Kami awalnya melihat di postingan medsos. Setelah kami telusuri akhirnya dapat info A1, lokasinya jauh dan susah diakses, pukul 21.00 WIB baru sampai di TKP,” jelas Tarmaji, Koordinator MMP Pandu Nusa Buana, dilansir dari laman Kompas.com.

Terperangkap Jerat Nelayan, Seekor Buaya Muara Mati
Buaya muara mati di Cilacap. Foto: Dok. MMP Cilacap

Tarmaji juga memaparkan bahwa kondisi buaya sudah sangat lemas dan dalam keadaan terikat ketika tim tiba di lokasi. Buaya tersebut sudah berada di darat selama kurang lebih enam jam. Dari keterangan warga, tim juga mendapatkan informasi bahwa buaya muara tersebut terluka.

Baca juga: Polisi Gagalkan Penyelundupan 300 Kilogram Daging Rusa di NTT

Buaya itu langsung dievakuasi dan dibawa ke klinik hewan. Namun, dokter menyatakan bahwa buaya itu sudah mati karena lemas dan ada luka di kepalanya.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan diketahui bahwa buaya tersebut telah mati. Diperkirakan matinya sekitar pukul 17.00 WIB,” ungkapnya.

Bangkai buaya kemudian dibawa ke Kantor Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah Resor Konservasi Wilayah 2 Cilacap. Buaya yang usianya diperkirakan delapan tahun itu dikuburkan pada Jumat (25/12/2020).

BACA JUGA:
Disebut Resahkan Warga, Harimau Masuk Perangkap BKSDA
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
1 year ago

[…] Baca juga: Terperangkap Jerat Nelayan, Seekor Buaya Muara Mati […]