Trenggiling, Satwa Terancam Punah Berhasil Dievakuasi dari Rumah Warga

  • Share
Seekor trenggiling (Mnias javanica) berhasil dievakuasi dari rumah warga. | Foto: Istimewa/Radar Pangkalan Bun
Seekor trenggiling (Manias javanica) berhasil dievakuasi dari rumah warga. | Foto: Istimewa/Radar Pangkalan Bun

Gardaanimalia.com – Seekor trenggiling bernama latin Manis javanica ditemukan sedang membulatkan badannya sebagai bentuk pertahanan diri di rumah warga di Jalan Berunai, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat.

Kemunculan satwa dilindungi di rumah warga tersebut pun sempat membuat penghuninya ketakutan, sehingga menimbulkan kegaduhan.

Salah satu tetangga yang mendengar itu lalu mendekat ke lokasi kejadian. Dengan hanya berbekal karung, warga akhirnya melakukan evakuasi dan memasukkan satwa terancam punah tersebut ke dalam sebuah karung.

Setelah itu, trenggiling yang berhasil diselamatkan itu pun diserahkan kepada Komunitas Pecinta Reptile Kumai (Koper Ku).

Dari Koper Ku, satwa langka tersebut kemudian diteruskan dan diserahkan kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) SKW II Pangkalan Bun, dan sesaat setelah diterima, trenggiling pun ditempatkan di kandang transit milik BKSDA.

“Trenggiling itu kemarin diserahkan oleh mitra BKSDA dari komunitas pecinta reptil, dan saat ini sudah kita amankan dan ditempatkan di kandang transit,” ucap Dendi Setiadi, Kepala BKSDA SKW II Pangkalan Bun, Minggu (12/12) dilansir dari Radarsampit.

Pihak BKSDA SKW II Pangkalan Bun mengungkapkan bahwa usai dilakukan pemeriksaan terhadap mamalia bersisik tersebut, maka rencananya hewan dilindungi itu akan dilepasliarkan di Kawasan Hutan Konservasi Suaka Margasatsa Lamandau, Kabupaten Kobar.

Dendi juga menuturkan bahwa satwa langka pemakan semut dan rayap ini menjadi salah satu satwa yang diincar banyak pemburu, baik untuk dikonsumsi atau diperjualkan.

“Trenggiling ini dagingnya menjadi incaran untuk dikonsumsi sementara sisiknya diperdagangkan karena diyakini mempunyai khasiat untuk pengobatan,” tuturnya.

BACA JUGA:
TN Ujung Kulon Catat 4 Kelahiran Badak Jawa Sepanjang 2021
  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments