Berita  

Viral! Beruang Madu Masuk Dapur Warga Solok Untuk Minum Minyak Goreng Bekas

Viral! Beruang Madu Masuk Dapur Warga Solok Untuk Minum Minyak Goreng Bekas
Beruang madu yang sedang minum. Foto: Istimewa

Gardaanimalia.com – Beredar video berdurasi 39 detik yang mempertontonkan seekor beruang madu masuk ke dapur warga lalu meminum minyak goreng bekas. Peristiwa ini terjadi pada Jumat (16/4/2021) malam di Jorok Lubuk Selasih, Nagari Batang Barus, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Sebagaimana diberitakan oleh Kompas, ini bukanlah kali pertama ada beruang madu yang masuk ke rumah warga dan meminum minyak goreng bekas. Terhitung sejak 31 Maret 2021 hingga saat ini, sudah ada lima dapur warga yang dimasuki oleh satwa dengan nama ilmiah Helarctos malayanus ini. Kepala Resor Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Konservasi Wilayah (RKW) Solok, Afrilius, mengamini hal tersebut.

“Kemunculannya sejak 31 Maret 2021 malam. Kemudian, (beruang madu) berpindah-pindah sesuai rumah yang tercium bau minyak bekas gorengan di dapirnya,” ucap Afrilius.

Baca juga: Sempat Dipelihara Warga Semarang, 2 Orang Utan Dipulangkan ke Sumut

Ia juga memaparkan bahwa beruang madu memiliki penciuman yang tajam dan cepat. Bau minyak goreng bekas milik warga dapat memancing satwa liar ini untuk datang. Terlebih lagi, beruang madu memang sangat menyukai minyak goreng bekas untuk dikonsumsi.

Untuk mencegah agar peristiwa serupa tidak terulang kembali dan menghindari konflik satwa liar dan warga, pihak BKSDA mengimbau agar masyarakat menyimpan minyak goreng bekas di tempat yang rapat.

“Mohon dan tolong, minyak bekas gorengan disimpan. Alat gorengan yang digunakan, dicuci bersih,” kata Afrilius.

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk tidak memburu satwa dilindungi tersebut. Menurut Afrilius, beruang madu tidak akan menyerang jika tidak terdesak atau merasa terancam.

BACA JUGA:
Masuk Kebun Warga, Beruang Madu Diduga Mencari Makan
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments