Berita  

Warga Kaliawi, Lampung, Tangkap 1 Buaya

Warga Kaliawi, Lampung, Tangkap 1 Buaya
Buaya yang ditangkap di Kaliawi. Foto: Antara/Dian Hadiyatna

Gardaanimalia.com – Seekor buaya dengan berat kurang lebih 15 kilogram ditangkap oleh warga di Kelurahan Kaliawi, Kota Bandarlampung, Lampung. Mengutip dari laman Antara, warga menangkap satwa liar itu pada Senin (2/3/2021) sekitar jam 16.00 WIB.

“Kami menangkap buaya dengan menggunakan jerat tradisional,” kata Agus Santoso, seorang warga Kaliawi.

Saat ini buaya hasil tangkapan itu berada di rumah ketua RT setempat. Mulut dan kakinya diikat. Warga juga sudah berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) agar buaya tersebut segera dievakuasi.

Warga mengatakan buaya yang panjangnya kurang lebih satu meter itu kerap muncul di tepi Kali Kaliawi dalam beberapa waktu belakangan. Hal itu kemudian membuat warga resah.

Baca juga: Penyelundupan 633 Satwa Digagalkan Oleh Karantina Pertanian Surabaya

Agus menambahkan bahwa selain buaya yang sudah berhasil ditangkap, masih ada satu lagi buaya yang lebih besar yang juga sering muncul dan berjemur di dekat sungai yang sama.

“Sebenarnya ada dua buaya yang sering terlihat. Satu ukurannya kecil dan satu lagi ukurannya besar. Yang tertangkap ini adalah yang kecil,” jelasnya.

Untuk memancing buaya besar keluar, warga juga sudah memasang umpan dengan menggunakan daging ayam yang digantung di sekitar jembatan.

“Kalau mereka (BKSDA) sudah kemari untuk mengambil buaya ini, kami akan minta mereka untuk menelusuri aliran Sungai Kaliawi untuk mencari buaya yang satu lagi,” tutur Agus.

BACA JUGA:
Peneliti Satwa sebut Puluhan Ribu Orangutan dan Bekantan Terancam Punah
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments