Warga Riau Serahkan Siamang yang Ditemukan Saat Kebakaran Hutan

  • Share
Warga Riau Serahkan Siamang yang Ditemukan Saat Kebakaran Hutan
Siamang yang diserahkan kepada BBKSDA Riau. Foto: Humas BBKSDA Riau

Gardaanimalia.com – Pasangan suami istri di Kelurahan Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu, Riau, menyerahkan seekor siamang (Symphalangus syndactylus) kepada Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau. Kepala BBKSDA Riau, Suharyono, mengatakan pasangan bernama Embas dan Elfi sudah memelihara siamang itu selama kurang lebih enam tahun.

“Awalnya ditemukan saat kebakaran hutan di habitatnya. Saat itu masih kecil dan terpisah dari induknya,” ungkap Suharyono, Kamis (29/7/2021).

Baca juga: Populasi Makin Langka, Perburuan Penyu untuk Konsumsi Masih Tinggi

Tim Wildlife Rescue Unit (WRU) BBKSDA Riau mengevakuasi primata dilindungi itu pada Senin (12/7/2021) silam. Awalnya Elfi yang menghubungi pihak BBKSDA melalui call center untuk menyerahkan satwa yang dipeliharanya.

“Bu Elfi mau menyerahkan ke pihak kita setelah tetangganya menyampaikan kepadanya bahwa satwa tersebut adalah salah satu jenis satwa dilindungi,” tutur Suharyono seperti dikutip dari laman Antara.

Saat ini siamang berjenis kelamin betina yang usianya diperkirakan tujuh tahun itu berada di kandang transit satwa BBKSDA Riau untuk observasi.

“Jenis primata ini memiliki kedekatan dengan manusia sehingga bisa saling bertukar penyakit. Kami sedang dalami apakah siamang ini memiliki penyakit bawaan selama dirawat oleh pasangan suami istri ini,” tandas Suharyono.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments