Berita  

105 Ekor Anak Penyu Bergerak ke Lautan

Gambar anak penyu lekang saat dilepasliarkan ke laut lepas. | Foto: Ridho Abdullah/JPNN
Gambar anak penyu lekang saat dilepasliarkan ke laut lepas. | Foto: Ridho Abdullah/JPNN

Gardaanimalia.com – Sebanyak 105 ekor anak penyu lekang (Lepidochelys olivacea) atau tukik telah dilepasliarkan di Pantai Bajulmati, Kabupaten Malang, Sabtu (17/9).

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur, Nur Patria Kurniawan mengatakan, pelepasliaran ini merupakan bagian dari upaya melestarikan satwa liar dilindungi.

“Kegiatan ini resmi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan untuk di Jawa Timur berada di bawah naungan BKSDA,” ujarnya.

Menurut Nur, kegiatan penetasan telur penyu di kawasan tersebut adalah salah satu bentuk kesadaran masyarakat yang sangat positif. Untuk keberlangsungan hidup satwa liar, seperti penyu lekang.

Upaya konservasi alami yang dilakukan oleh masyarakat, lanjutnya, perlu mendapatkan dukungan secara optimal, baik oleh masyarakat maupun pemerintah.

“Kami berharap masyarakat sekitar mendukung kegiatan yang dilakukan Sutari ini demi keberlanjutan lingkungan yang baik,” ungkap Nur.

Pasalnya, satwa yang dalam bahasa Inggris disebut olive ridley sea turtle tersebut memiliki kemungkinan bertahan hidup di alam liar tidak begitu besar.

“Saat melepasliarkan 100 ekor tukik, belum tentu hidup semua. Mungkin saja yang hidup hanya satu karena banyak predatornya,” tuturnya kepada wartawan.

Menyoal tentang dukungan, Kepala BBKSDA Jawa Timur itu mengatakan, bahwa pihaknya akan memberikan legalitas untuk edukasi.

“Sesuai dengan aturan pemerintah kami dukung yurisdiksi dalam segi edukasi, sejauh ini legalitasnya hanya menetas dan lepas,” kata Nur.

Hal tersebut penting agar dapat membuat atau memberi ruang bagi para pelajar untuk melakukan penelitian di Pantai Bajulmati, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Ia menjelaskan, bahwa Jawa Timur mempunyai tiga wilayah yang menjadi penangkaran penyu. Yaitu di Banyuwangi, Malang dan Blitar.

BACA JUGA:
Penyu Hijau Mati Terdampar Diduga Karena Tumor

Namun, ujarnya, persinggahan satwa dilindungi itu sendiri tidak terbatas pada tiga titik tersebut. Karena ada di beberapa titik wilayah lain juga, paparnya.

Ia menambahkan, dalam setahun terakhir, pihaknya sudah melakukan pelepasliaran tukik lekang sebanyak empat kali. Termasuk yang dilakukan di Pantai Bajulmati.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments