142 Satwa Ditemukan KM Tidar, Tidak Ada Penumpang yang Mengaku Sebagai Pemilik

142 Satwa Ditemukan KM Tidar, Tidak Ada Penumpang yang Mengaku Sebagai Pemilik
Satwa liar yang diselundupkan ke Papua Barat. Foto: radarsorongnews.com

Gardaanimalia.com – Perdagangan 142 satwa liar digagalkan oleh Polsek Kawasan Pelabuhan Sorong pada Kamis (25/2/2021) malam. Petugas berhasil mengungkap penyelundupan ratusan satwa ini sekitar pukul 22.30 WIT saat kapal KM Tidar berasal dari Fakfak bersandar di pelabuhan Sorong, Papua Barat.

Iptu Mastur, Kapolsek Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3) Sorong, menjelaskan saat kapal bersandar anggota polsek pelabuhan melakukan pemeriksaan barang bawaan terhadap para penumpang. Kemudian, petugas menemukan empat tas punggung yang dibawa oleh TKBM atau buruh pelabuhan.

“Mereka bilang tas ini milik penumpang yang ada di atas. Pada saat itu anggota langsung memeriksa ke atas untuk mencari pemiliknya. Namun, pemilik tidak ditemukan,” ungkap Iptu Mastur.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh Provos Polsek Pelabuhan, dalam tas punggung tersebut ditemukan 142 satwa liar yang dilindungi dan tidak dilindungi. Empat satwa di antaranya tidak memiliki surat karantina.

Baca juga: Jadi Korban Konflik, Ciuniang Nurantih Akhirnya Bisa Kembali Ke Habitatnya

Polsek pelabuhan kemudian berkoordinasi dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Papau Barat untuk melakukan identifikasi ratusan satwa liar tersebut.

“Didapatkan hasil identifikasi satwa sebagai berikut. Satwa yang dilindungi ada ular sanca hijau sebanyak 40 ekor, biawak maluku sebanyak sembilan ekor, biawak aru 91 ekor dalam keadaan hidup dan dua ekor dalam keadaan mati,” papar Iptu Mastur.

Ada pula satwa yang tidak dilindungi yaitu ular sanca permata dua ekor dan kadal panama satu ekor. Keseluruhan terdapat 142 ekor dalam keadaan hidup dan 3 ekor dalam keadaan mati.

Karena pelaku tidak ditemukan, satwa liar dibawa dan diamankan di BBKSDA Papua Barat.

BACA JUGA:
Petugas Damkar Evakuasi Ular Sanca Seberat 20 Kilogram
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments