Berita  

Bangkai Buaya Sepanjang 3 Meter Ditemukan, BKSDA Selidiki Penyebab Kematian

Bangkai Buaya Sepanjang 3 Meter Ditemukan, BKSDA Selidiki Penyebab Kematian
Bangkai buaya di Sungai Mentaya. Foto: BKSDA Pos Jaga Sampit

Gardaanimalia.com – Warga Desa Bangkuang Makmur, Kecamatan Mentawa, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah menemukan bangkai seekor buaya di tepi Sungai Mentaya pada Minggu (2/5/2021) pagi. Awalnya warga mengira buaya tersebut masih hidup. Namun, setelah dilihat lebih dekat buaya besar itu ternyata tidak bergerak karena sudah mati.

Kepala Desa Bangkuang Makmur, Fitriannur, mengatakan warga yang berada di lokasi sempat mengikat bangkai tersebut supaya tidak hanyut atau tenggelam sebelum petugas BKSDA datang.

“Buaya ini diikat oleh warga di sebuah perahu kelotok agar tidak tenggelam,” ungkapnya sebagaimana dikutip dari laman Antaranews.

Melihat kondisi tubuhnya yang belum terlalu membengkak, diperkirakan buaya itu belum lama mati. Meski begitu, bangkainya sudah mulai mengeluarkan aroma yang tidak sedap.

Baca juga: BBKSDA Sulsel Evakuasi Lumba-lumba yang Masuk ke Empang

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit yang mendapatkan informasi terkait penemuan bangkai buaya ini langsung mendatangi lokasi. Petugas tiba di lokasi sekitar jam 12.35. Bangkai itu kemudian dievakuasi ke hutan yang cukup jauh agar tak menimbulkan bau.

“Untuk menghindari keresahan warga, bangkai kita tarik menggunakan kelotok jauh dari pemukiman dan aktivitas warga,” kata Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Muriansyah.

Lebih lanjut Muriansyah menerangkan bahwa timnya tidak menemukan luka bekas benda tajam pada buaya yang panjangnya kurang lebih tiga meter itu. Namun, ia tetap belum bisa memastikan penyebab kematian buaya tersebut.

“Untuk penyebab kematiannya masih kita telusuri,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Muriansyah mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati. BKSDA Kalimantan Tengah Pos Jaga Sampit juga telah memasang spanduk imbauan agar warga waspada.

BACA JUGA:
Diduga di Kandang Pemiliknya, Buaya dan Ular Hangus Terbakar
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments